Tumbuhkan Jiwa Kepemimpinan, MTsN 8 Gunungkidul Gelar LDK


Tumbuhkan Jiwa Kepemimpinan, MTsN 8 Gunungkidul Gelar LDK Kegiatan pemberian materi Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) OSIS MTsN 8 Gunungkidul di ruang kelas IXD, Senin (23/12).
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-12-23 22:18:04

Gunungkidul (MTsN 8 Gunungkidul)- Demi menumbuhkan jiwa kepemimpinan pada diri siswa, MTsN 8 Gunungkidul (Madsaka) menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Kegiatan ini diperuntukkan bagi siswa yang tergabung dalam kepengurusan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) periode tahun 2019-2020 yang berjumlah 24 siswa. Kegiatan yang berlangsung pada Senin (23/12) ini dimulai sejak pukul 07.00 hingga sore hari. Dalam kesempatan tersebut, Kepala MTsN 8 Gunungkidul, Ngadiyan, S. Pd.I., M.S.I. sempat berpesan bahwa menjadi pengurus OSIS hendaknya bisa bersikap tegas. ”Tegas adalah kunci keberhasilan dalam memimpin.” tegasnya.

Kegiatan LDK ini bertujuan untuk membekali siswa dalam mengemban tugas sebagai pengurus OSIS. Sebagai pengurus OSIS hendaknya mereka memiliki bekal yang cukup. Oleh karena itu, ada beberapa materi yang diberikan dalam LDK tersebut. Antara lain; materi kepemimpinan, ketakwaan, bela negara, wawasan wiyata mandala, juga materi kedisiplinan. Mengingat waktu yang cukup terbatas, maka materi yang diberikan hanya bersifat teoretis. Adapun praktisnya dapat diberikan bersamaan dengan siswa terjun lapangan.

Adalah suatu kegiatan yang sangat menarik, sehingga dari awal sampai akhir peserta mengikutinya dengan antusias.”Ini hanya sedikit bekal untuk Anda, selebihnya nanti akan Anda dapatkan sendiri.” imbuh Suratman, selaku ketua panitia. Dalam praktiknya selama periode kepengurusan adalah waktu siswa untuk berlatih bagaimana siswa berorganisasi. Melalui wadah OSIS inilah dapat ditanamkan jiwa kepemimpinan pada diri siswa.(mmn)

Kontributor : MTSN8GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 330

Bagikan