Gerak Jalan Kerukunan HAB ke-74 Kemenag, Peserta: Lestarikan Tiap Tahun!


Gerak Jalan Kerukunan HAB ke-74 Kemenag, Peserta: Lestarikan Tiap Tahun!
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2019-12-23 10:34:03

Yogyakarta (Inmas DIY)—Suasana ceria dan bugar mewarnai peserta Gerak Jalan Kerukunan dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 Kementerian Agama (Kemenag) RI yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenag DIY pada Sabtu (21/12). Acara ini diikuti oleh keluarga besar Kemenag DIY sekitar 3.500 orang.

Nurhayanti, guru MAN 3 Kulon Progo yang juga Jurnalis Madrasah Kemenag DIY berhasil mewancarai beberap peserta. Berikut di antaranya: Menurut Sukarlan dan Imam dari Kulon Progo, acara Gerak Jalan Kerukunan ini menyenangkan, dapat menumbuhkan kebersamaan. “Indonesia kan negara yang berdasarkan Pancasila dengan berbagai keragaman agama, etnis, budaya, dan adat istiadat, acara ini sangat bagus lah,” ujar mereka kompak. “Adanya gerak jalan ini dapat terwujud kerukunan, menambah keakraban, dan kerukunan pegawai,” tambahnya.

Gerak Jalan Kerukunan HAB ke-74 Kemenag, Peserta: Lestarikan Tiap Tahun!

Sukarlan mengajak seluruh keluarga besar Kemenag agar selalu bergandengan tangan dan memberi kontribusi yang baik baik Kemeng agar selalu jaya. Harapannya kegiatan seperti ini terus diselenggarakan tiap tahun.

Hal senada disampaikan oleh Sumiran, penyuluh honorer dari Mantrijeron dan Ragil dari MAN 4 Sleman. “Kegiatan ini sangat bagus karena teman-teman dari berbagai agama dapat bertemu, saling silaturahim,  berbaur seluruh DIY, santai dan dapat ngobrol bareng, sehingga terjalin komunikasi efektf, menjalin kerukunan dan suasana segar,” tandasnya.

Ia pun berharap agar kegiatan ini dilestarikan, setiap tahun diadakan dengan jumlah personil lebih banyak, tidak hanya perwakilan dari instansi. “Jika semua diberi kesempatan ikut, insya Allah semangat dan mendukung penuh. Sumiran menambahkan, acara ini dapat diadakan 3 sampai 4 kali di event peringatan hari besar nasional seperti HUT RI, Hari Pahlawan, dan Hari Guru,” katanya. “Perlu juga ditampilkan berbagai kesenian dari madrasah dan berbagai instansi agar lebih seru,” tambahnya lagi.

Di sisi lain Agus Santosa dari MAN 1 Yogyakarta dan Elly dari MAN 4 Bantul menyatakan jika rute perjalanan asyik banget dan mantap karena di sepanjang jalan ada cagar budaya, lewat Malioboro, bisa selfie di spot-spot menarik. “Pokoknya acaranya keren. Oh ya untuk makanan angkringan juga enak, membuat happy, seger setelah berjalan cukup jauh. Apalagi menu ini tradisional dan bervariasi antara sebelum star dan pas finish,” akunya.

Mereka sependapat dengan peserta lain, yaitu berharap agar minimal kegiatan semacam ini diadakan minimal sekali dalam satu tahun. HAB merupakan moment tepat untuk bertemu dan berkumpul. “Tentu tidak hanya perwakilan, tapi selururuh keluarga besar Kemenag di DIY ini bisa ikut dan dilibatkan,” ujarnya lagi.

Sementara itu Rodjikun dari Gunung Kidul menyatakan kalau kegiatan ini bagus, bisa refreshing, melihat Jogja yang terbaru. Karena jarak kerjanya jauh dari Jogja, maka Rodjikun merasa bahwa kegiatan ini benar-benar membuat dirinya merasa fresh, bertemu kawan-kawan dari berbagai kabupaten, bersilaturahim dan membahagiakan.

Harapannya kegiatan ini diperbesar jumlah pesertanya, tidak hanya perwakilan. “Kegiatan ini sangat penting untuk menjalin keakraban dan kerukunan. Kalau kegiatan semacam ini diselenggarakan secara rutin, insya Allah perselisihan dapat dihindarkan,” harap Rodjikun dengan senyum khas mengembang di sela-sela menikmati sajian angkringan. (nur/bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 261

Bagikan