Rekrut ASN, Harus Paham Moderat dan Komitmen Kebangsaan


Rekrut ASN, Harus Paham Moderat dan Komitmen Kebangsaan
Kategori : INFORMASI
Tanggal : 2019-12-19 20:18:30

 

Bogor (Kemenag) --- Sekretaris Jenderal Kementerian Agama M. Nur Kholis Setiawan menegaskan calon Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag harus memiliki komitmen kebangsaan dan sikap moderat. Ini ditegaskan Sekjen saat membuka acara Penyusunan Materi Kompetensi Bidang dalam rangka Pengadaan ASN Kementerian Agama, di Bogor, Jawa Barat. 

“Tidak boleh ada celah jalan bagi para calon ASN, terutama di Kementerian Agama, yang tidak berpaham moderat dan belum sesuai dengan NKRI,” tegas Sekjen, Selasa (17/12). 

“Ini untuk menjaga NKRI. Kebijakan Kemenag, kita awali dengan perekrutan ASN secara ketat. Komitmen kebangsaannya jelas, dan paham keagamaannya moderat,” imbuh Sekjen. 

Sekjen M. Nur Kholis menuturkan, rekrutmen ASN dengan dua indikator penyaringan tersebut telah dilakukan Kemenag sejak tahun lalu. Dalam perekrutan ASN tahun 2018, Kementerian Agama menjadi tempat belajar Kementerian/Lembaga tentang materi komitmen kebangsaan dan paham moderasi beragama dalam Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

“Tahun ini harus lebih baik dari tahun lalu,” ungkap M. Nur Kholis.

Untuk mengetahui paham keagamaan yang dianut dan komitmen terhadap kebangsaan, menurut M. Nur Kholis, salah satunya dengan menyusun kisi-kisi soal.

“Jika ada kisi kisi soal yang mudah, tapi mampu menggali paham kebangsaaan NKRI, dan paham keagamaan yang moderat, itu yang kita gunakan. Jangan sampai kita memberi tempat yang belum selesai dengan komitmen paham kebangsaan, dan paham keagamaan yang tidak moderat,” kata M. Nur Kholis.

Kegiatan penyusunan materi kompetensi bidang ini, berlangsung selama tiga hari, mulai 16 sampai 19 Desember 2019. Penyusunan materi ini diikuti oleh 115 peserta yang merupakan para ahli dari masing-masing jabatan formasi yang dibuka dalam rekrutmen CPNS Kemenag 2019. 

Diketahui pada penerimaan CPNS Kemenag 2019 ini, Kementerian Agama membuka 5.815 formasi yang tersebar pada 143 satuan kerja. Hingga berakhirnya masa pendaftaran online pada 29 November 2019, tercatat 222.511 orang mendaftarkan diri sebagai calon ASN Kemenag.

Sumber: kemenag.go.id

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 1054

Bagikan