Pengajian Aparat, Prof. Mahrus: Bandamu Entekno


Pengajian Aparat, Prof. Mahrus: Bandamu Entekno Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Dr. Drs. Mahrus Munajat, S.H., M.Hum., saat menyampaikan pengajian di Kankemenag Kulon Progo, Rabu (18/12) pagi
Kategori : KABUPATEN/KOTA
Tanggal : 2019-12-18 13:14:47

Kulon Progo (Kankemenag) – Jumlah zakat yang terkumpul di Baznas Kulon Progo selalu meningkat. Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kankemenag Kulon Progo menjadi pengumpul zakat terbanyak setelah Dinas Dikpora dan RSUD Wates. Hal itu disampaikan Ketua Baznas Kulon Progo, Drs. H. Abd. Madjid di sela-sela acara Pengajian Aparat yang berlangsung di Komplek Kankemenag Kulon Progo, Rabu (18/12) pagi.

“Dulu Kankemenag memang yang memprakarsai dan memotivasi semua instansi untuk membayarkan zakatnya melalui Baznas. Namun sekarang untuk pengumpulannya UPZ Kankemenag menjadi yang terbanyak ketiga setelah Dikpora dan RSUD,” ungkap Madjid.

Pengajian Aparat, Prof. Mahrus: Bandamu Entekno

Pengajian Aparat, Prof. Mahrus: Bandamu Entekno

“Sekarang kesadaran berzakat di kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) memang sudah meningkat. Bahkan rata-rata setiap bulan saat ini terkumpul sekitar 650 juta. Untuk bulan Desember ini akan ditasyarufkan dana tersebut yang mencpai sekitar satu milyar rupiah. Sasarannya untuk fakis mirkin, yatim piatu, biaya pendidikan, ustadz TPA dan Madin, Honor Guru swasta dan lain-lain,” imbuhnya.

Senada dengan Abd. Madjid, Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Dr. Drs. Mahrus Munajat, S.H., M.Hum., menyampaikan pesan simpel dari Mbah Marijan. “Bandamu Entekno, mesthi bakal diganti sik luwih akeh,” katanya.

“Konsep Mbah Marijan tersebut telah sampai ke Kulon Progo. Dana zakat dan sedekah yang terkumpul di Baznas memang harus segera ditasyarufkan. Dengan demikian para pembayar zakat akan segera mendapatkan pahalanya. Dana jangan hanya disimpan di bank,” lanjutnya.

“Banyak orang pintar, artinya orang yang berilmu. Namun ilmunya kadang belum bermanfaat. Karena orang pintar biasanya hanya banyak ngomong dan diskusi, tapi tidak segera beramal. Maka Nabi Muhammad SAW berdo’a agar diberikan ilmu yang bermanfaat,  dan ilmu yang tidak bermanfaat disingkirkan,” urainya.

Sementara Bupati Kulon Progo yang diwakili oleh Assek Bidang Pemerintahan dan Kesra, H. Jumanto, S.H., dalam sambutannya mengungkap berbagai prestasi yang berhasil ditorehkan oleh jajaran Kankemenag Kulon Progo. “Banyak prestasi yang berhasil diraih oleh Kankemenag Kulon Progo tahun ini. Mulai di KUA Teladan Nasional, Guru dan Kepala Madrasah Berprestasi Nasional dan lain-lain. Sehingga Kankemenag Kulon Progo banyak didatangi tamu dari luar daerah untuk melakukan studi tiru,” ucap Jumanto.

“Dengan adanya Bandara baru ini semoga juga membawa berbagai kemajuan bagi Kulon Progo,” pungkasnya.

Pada kegiatan pengajian apparat ini, jamaah juga dihibur oleh penampilan Hadroh dari MAN 2 Kulon Progo. (abi)

Kontributor : KEMENAGKP
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 640

Bagikan