Ikrar Syawalan Menggema di Halal Bihalal Civitas MAN 3 Bantul


Ikrar Syawalan Menggema di Halal Bihalal Civitas MAN 3 Bantul Kepala Madrasah Serta Guru Pegawai menerima "sungkem" seluruh siswa kelas X dan XI di Acara Halal Bi Halal MAN 3 Bantul, Jumat (14/6)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-06-17 11:58:54

Ikrar Syawalan Menggema di Halal bi Halal Civitas MAN 3 Bantul

Bantul (MAN 3 Bantul) – Mengawali hari pertama masuk sekolah, MAN 3 Bantul menyelenggarakan Syawalan dan Halal Bi Halal di lapangan basket madrasah, Jumat (14/6). Kegiatan yang diikuti guru, pegawai dan siswa kelas X, XI tersebut merupakan kegiatan yang telah diagendakan madrasah diawal masuk sekolah setelah libur idul Fitri di setiap tahunnya.

Ikrar Syawalan Menggema di Halal Bihalal Civitas MAN 3 Bantul

Kegiatan diawali dengan pengucapan ikrar Syawalan. Annisa Nur Rachim (X IPS 2) mewakili seluruh siswa menyampaikan ucapan selamat hari raya Idul Fitri 1440 H dan mengucapkan ikrar permohonan maaf  serta permohonan  doa restu kepada guru serta pegawai yang diikuti seluruh siswa kelas X dan XI dengan suara menggema.

Menjawab permohonan siswa melalui ikrar yang mereka iucapkan, Samsul Anam MA selaku kepala unit keagamaan  juga menyampaikan ucapan selamat hari raya Idul Fitri kepada seluruh civitas madrasah. Anam juga mengajak civitas untuk memaknai syawalan dengan penuh kesadaran dan optimisme. Menurutnya syawalan yang juga dimaknai sebagai peningkatan adalah momentum tepat untuk meningkatkan kebaikan yang telah dilakukan di  bulan Ramadan.  “Ibadah  dan amalan yang sudah dilakukan di bulan Ramadan harus terus dilaksanakan dan sebisa mungkin untuk lebih ditingkatkan” tandasnya.

Lebih lanjut Anam mengatakan ciri ciri ibadah Ramadan yang diterima Allah adalah ketika ibadah tersebut terus berlanjut dan meningkat pasca Ramadan, “Untuk mengetahui apakah kita bisa memanfatkan Ramadan sebagai media memperbaiki diri sehingga menjadi insan yang bertaqwa adalah dengan melihat diri kita setelah Ramadan, jika kita lebih baik dalam beribadah, bersosialisasi dan juga meningkat dalam melaksanakan kebaikan lainnya, itu artinya kita temasuk orang yang beruntung, yakni orang yang menjadi lebih baik dibanding sebelumnya dan kita bisa menjadi orang yang bertaqwa,” ungkapnya.

Diakhir kegiatan, Choir Rosyidi MPd I melantunkan doa untuk kesuksesan seluruh civitas dan juga untuk kemudahan madrasah meraih prestasi diberbagai bidang kedepannya. Seusai doa, seluruh siswa secara berbaris mengular melakukan jabat tangan dengan guru dan pegawai diiringi sholawat dan music hadroh sehingga  suasana semakin khidmat. Keakraban guru pegawai dan siswa semakin erat, tampak dari keceriaan dan  kedekatan ketika mereka saling berbagi cerita disela sela berjabat tangan. (lif)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 2152

Bagikan