MIN 8 Gunungkidul Tanamkan Pendidikan Karakter Melalui Mading


MIN 8 Gunungkidul Tanamkan Pendidikan Karakter Melalui Mading Para siswa MIN 8 Gunungkidul membaca mading, Selasa (17/12) pagi.
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-12-17 11:35:26

Gunungkidul (MIN 8 GK) - Derasnya arus globalisasi menyebabkan semakin terkikisnya budaya dan moral peserta didik. Untuk menanggulangi hal tersebut diperlukan adanya penanaman pendidikan karakter sejak dini. Salah satu upaya yang dilakukan MIN 8 Gunungkidul dalam penanaman pendidikan karakter adalah melalui terbitnya “MAKRESI MIPANKID” yaitu Mading Kreasi Siswa MIN 8 Gunungkidul, Selasa (17/12).

Majalah dinding atau biasa dikenal dengan sebutan mading ini dirintis oleh kelas 6A. Pengerjaan mading dimulai pasca Penilaian Akhir Semester sebagai bentuk mengisi waktu luang dan ajang menyalurkan kreativitas peserta didik. Penayangan perdana MAKRESI MIPANKID mengusung tema Globalisasi: Berpikir Global Bertindak Lokal. Sesuai dengan temanya, konten dalam mading berisi dampak positif dan negatif dari adanya globalisasi serta karakter yang harus tertanam pada diri peserta didik untuk menghadapi hal tersebut.

MIN 8 Gunungkidul Tanamkan Pendidikan Karakter Melalui Mading

“Memasuki era revolusi industri, informasi di era globalisasi seperti udara yang setiap saat dapat mempengaruhi perkembangan berpikir anak. Konsep mading sebagai sarana pembentukan karakter dapat melatih peserta didik menyaring informasi yang sehat. Tema globalisasi mendukung pembentukan karakter peserta didik yang cerdas lahir dan batin,” ungkap Mulat Viriyanto, Kepala MIN 8 Gunungkidul. Sementara Lulan, salah satu siswa kelas 6A, mengaku bangga karyanya dapat dimuat dalam mading dan dibaca oleh banyak orang.

Pembuatan mading bukan sekedar tempat belajar menulis dan berkreasi, namun peserta didik juga belajar berorganisasi, bekerja sama, disiplin waktu, dan menghargai orang lain. Hal ini merupakan salah satu wujud penanaman pendidikan karakter. Diharapkan ke depannya, MAKRESI MIPANKID akan terus diperbaharui dan dikelola penayangannya oleh kelas-kelas yang lain secara bergiliran. (tna)

Kontributor : MIN8GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 244

Bagikan