Siswa MAN 3 Sleman Belajar Menulis Bersama Harjo


Siswa MAN 3 Sleman Belajar Menulis Bersama Harjo Maya Herawati, Redaktur Harjo sedang memaparkan materi jurnalistik pada siswa MAN 3 Sleman
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-12-14 09:57:38

Sleman (MAN 3 Sleman) – Bagi sebagian orang membaca dan menulis merupakan dua kegiatan yang cukup mudah untuk dilakukan. Kegiatan tersebut tidak banyak menguras tenaga, pikiran maupun biaya. Dewasa ini, aktivitas membaca dan menulis banyak dipilih oleh masyarakat sebagai hobi, bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai profesi yang akhirnya mampu menambah ladang penghasilan mereka. Meski demikian, membaca dan menulis ternyata tidak semudah yang dibayangkan, dibutuhkan ilmu dan teknik menulis yang tepat agar tulisan tersebut menjadi bacaan yang berkualitas.

Kemampuan membaca dan menulis merupakan basik yang harus dimiliki seorang jurnalis. Di era saat ini, banyak ditemukan fakta bahwa masyarakat lebih tertarik membaca dan menulis melalui media online dibandingkan media cetak seperti koran dan majalah. Hal tersebut tidak dapat dipungkiri bahwa media online cenderung lebih efektif, efisien dan praktis. Perkembangan jaman ini seyogyanya harus diimbangi dengan kemampuan sumber daya manusianya untuk lebih kreatif dan inovatif. Disini, para jurnalis mempunyai tugas dan peran penting agar media cetak tidak tenggelam oleh derasnya arus perkembangan jaman.

Siswa MAN 3 Sleman Belajar Menulis Bersama Harjo

Kamis (12/12) MAN 3 Sleman bekerja sama dengan Harian Jogja mengadakan pelatihan menulis untuk para siswa. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi yang aktif dalam organisasi Jurnalis Mayoga (JURMA), Karya Ilmiah Remaja (KIR), Mayoga Book Lovers (MBL) serta para siswa olimpiade. Pelatihan yang dilaksanakan di perpustakaan MAN 3 Sleman ini bertujuan untuk mengajak para siswa belajar tentang bagaimana proses menulis sebuah berita sesuai kaidah penulisan yang baik dan benar. Manfaat membaca dan menulis sangat banyak, salah satunya ialah memperkaya kosa kata. Selama kurang lebih satu jam pelatihan ini berlangsung tampak para siswa antusias menyimak penjelasan dari narasumber.

Maya Herawati, Redaktur Harian Jogja sekaligus narasumber dalam pelatihan pagi ini menyampaikan bahwa dalam suatu berita harus memuat enam unsur penting yakni What, Who, When, Where, Why and How (5W + 1H). Unsur what menjelaskan tentang apa yang tengah terjadi atau apa yang sedang diberitakan. Who menunjukkan siapa tokoh yang ada dalam berita. Where menunjukkan lokasi atau tempat terjadinya peristiwa yang diberitakan. When menjelaskan waktu (hari, tanggal, pukul) terjadinya. Why menjelaskan mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi serta how mendeskripsikan tentang bagaimana proses terjadinya peristiwa tersebut. Maya menyebutkan bahwa dari sekian unsur tersebut, unsur how merupakan bagian terpanjang karena menjelaskan kepada pembaca secara rinci proses terjadinya suatu peristiwa.

Tanpa panjang lebar, Maya langsung meminta para siswa menunjukkan kemampuan menulisnya diselembar kertas. Tema yang dipilih ialah kegiatan terakhir yang dilaksanakan di madrasah, mayoritas siswa pun menuliskan tentang pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS). Salah satu hasil tulisan tersebut selanjutnya dikoreksi bersama untuk diuraikan unsur 5W + 1H yang terkandung didalamnya. “Menurut saya, acara ini sangat bermanfaat karena dapat menumbuhkan kembali gelora literasi dan jurnalistik” kesan Isti’anah Billah peserta kelas XI MIPA 2. (Est)

Kontributor : MAN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 197

Bagikan