Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional


Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional dr. Tejo Katon saat menyerahkan buku How to Serve the Guest of Allah
Kategori : INFORMASI
Tanggal : 2019-12-12 22:52:14

Sleman-(Inmas-DIY). Kamis(12/12). Dalam rangka menyiapkan pembimbing manasik haji yang bersertifikasi, Kanwil Kementerian Agama DIY bekerjasama dengan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional di Hotel Griya Persada Kaliurang berlangsung selama delapan hari (8-15/12). 

Adapun peserta kegiatan ini berjumlah 100 orang yang terdiri dari unsur pejabat Kanwil, Kankemenag Kabupaten/Kota se-DIY, JFT/JFU, perwakilan Pengurus Wilayah FKAPHI DIY dan perwakilan alumni petugas haji se DIY.

Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional

Dalam sambutan pembukaan Kepala Kanwil Kemenag DIY, Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd, menyampaikan bahwa arah sertifikasi adalah menyiapkan SDM yang memiliki profesionalitas dan kompetensi, dimana pada Undang-undang Nomor 8 Tahun 2019 pasal 3 ayat b, menyebutkan bahwa Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah bertujuan  mewujudkan kemandirian dan ketahanan dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah.

Setelah pembukaan dilanjutkan materi dari Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D tentang filosofi Haji dan Umrah. "Tujuan dari sertifikasi ini antara lain untuk meningkatkan kualitas, kreativitas dan integritas pembimbing manasik agar mampu melakukan aktualisasi potensi diri dan tugasnya secara profesional dalam rangka mewujudkan Jemaah haji mandiri baik dalam hal ibadah maupun perjalanan.

Di samping itu juga untuk  memberikan pengakuan dan perlindungan atas profesionalitas pembimbing manasik untuk melaksanakan haji, tugas, tanggungjawab, dan kewenangannya dalam memberikan bimbingan manasik haji sesuai ketentuan pemerintah," tegas H. Khoirizi Dasir, S.Sos, MM Direktur Bina Haji Kemenag RI pada saat memberikan materi, Kamis(12/12).

Lebih lanjut, Khoirizi menyampaikan bahwa menstandarisasikan kompetensi pembimbing agar dapat memberikan jaminan kualitas pelayanan bimbingan manasik haji dan kegiatan sertifikasi ini juga menjadi mediasi bagi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah dalam mewujudkan penjaminan mutu (quality assurance) bagi pembimbing manasik baik yang ada di pemerintah maupun masyarakat.

Dalam kesempatan ini juga Direktur Bina Haji Kemenag RI, H. Khoirizi mendapat kenang-kenangan Buku How to Serve the Guest of Allah karya dr. H. Tejo Katon, S.Si, MBA, MM. "Buku tersebut berisi pengalaman petugas haji, RKO, tips kesehatan dari pra embarkasi, embarkasi, pesawat, Madinah, Makkah, Arafah, Muzdalifah, Mina, sampai setelah pulang ke Tanah Air, tips relaksasi sampai tips menunda haid bagi jamaah haji, papar dr. H. Tejo Katon yang juga sebagai Ketua Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia wilayah DIY disela-sela mengikuti sertifikasi.

Pada akhir kegiatan juga akan diberikan materi Kebijakan Pelayanan Kesehatan Jamaah Haji oleh Kapushaji, Dr. dr. H. Eka Jusup Singka, M.Sc dan Kebijakan Pemerintah Indonesia Dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji oleh Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI.

Kontributor : TEJ
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 1358

Bagikan