Hasil Seleksi Tahap 2 Sekolah Literasi Indonesia Kulon Progo


Hasil Seleksi Tahap 2 Sekolah Literasi Indonesia Kulon Progo Daftar Sekolah/Madrasah Dampingan Program Sekolah Literasi Indonesia
Kategori : INFORMASI
Tanggal : 2019-12-10 14:08:57

Hasil seleksi tahap dua Sekolah Literasi Indonesia Kulon Progo (SLI KP) telah diumumkan. Seleksi tahap dua ini merupakan hasil dari kunjungan ke sekolah yang dilakukan oleh Konsultan Relawan (KAWAN) SLI KP di 18 sekolah/madrasah yang dilaksanakan pada Kamis (21/11) hingga Rabu (4/12).


Menurut Irfa, KAWAN SLI angkatan 3, semangat perubahan dari kepala sekolah/madrasah serta solidaritas para guru menjadi salah satu kriteria dalam menentukan sekolah/madrasah yang akan menjadi penerima manfaat program SLI. "Penilaian tentu tidak mudah, tetapi kami bahagia melihat semangat kepala sekolah/madrasah di wilayah Kulon Progo (Wates, Sentolo, dan Pengasih) sejak awal pendaftaran sangat tinggi. Hanya dalam rentang satu minggu, 44 kepala sekolah/madrasah mengajukan sekolahnya  mendapatkan program dampingan SLI," ujar Irfa. 


Keterbatasan jangkauan KAWAN SLI serta pertimbangan keberlanjutan program pasca dampingan, maka SLI menetapkan sembilan sekolah/madrasah terpilih untuk mengikuti program SLI. "Kami berharap program dapat berjalan secara optimal, dan sekolah/madrasah dampingan mampu menebar kebermanfaatan secara lebih luas ke sekolah/madrasah lain di sekitarnya," papar Irfa. 

Irfa menambahkan jika tingginya antusiasme para guru ketika menerima pemaparan program, akhirnya KAWAN SLI menambah  satu kuota bagi sekolah/madrasah yang akan didampingi di wilayah Kulon Progo. Sehingga jumlah dampingan program SLI menjadi sepuluh sekolah/madrasah. "Pelaksanaan program tentu tidak terlepas dari peran dan dukungan yang diberikan oleh dinas pendidikan, pemuda dan olahraga KP, serta kementerian agama KP sebagai upaya nyata proses peningkatan mutu pendidikan di Kulon Progo. Alhamdulillah kami sangat berterima kasih," tutupnya. 

Program pendampingan merupakan salah satu langkah peningkatan performa sekolah/madrasah yang diinisiasi Dompet Dhuafa Pendidikan (DD Pendidikan) sejak 2015. Di 2019 DD Pendidikan bersama Dompet Dhuafa Jogja (DD Jogja) memilih Kabupaten Kulon Progo sebagai kabupaten penerima manfaat. Untuk wilayah Yogyakarta, program SLI sebelumnya telah dilaksanakan di enam sekolah/madrasah di Gunung Kidul, yaitu SD Muhammadiyah Karangtengah, SD Muhammadiyah Sidorejo, SD Muhammadiyah Kuwarasan, MI Muhammadiyah Munggur, serta MI Muhammadiyah Pengkol. Sementara untuk wilayah lain di Indonesia, pendampingan SLI juga dilaksanakan serempak di Semarang, Jawa Tengah; Asahan, Medan; Bima, NTB; serta Halmahera Selatan, Maluku Utara. [eko|rilis]
 

Kontributor : Eko Triyanto
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 166

Bagikan