Tingkatkan Profesional Guru, MTs 4 Bantul Gelar Workshop Pengembangan Silabus dan RPP


Tingkatkan Profesional Guru, MTs 4 Bantul Gelar Workshop Pengembangan Silabus dan RPP
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-12-08 19:42:33

Bantul (MTs 4 Bantul)—Salah satu kegiatan penting dalam merencanakan pembelajaran adalah menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Penerapan Kurikulum 2013 membuat guru harus menyesuaikan diri dalam menyusun silabus dan RPP berpendekatan saintifik. Guru-guru mata pelajaran dan BK MTs Negeri 4 Bantul  perlu mendapatkan bimbingan teknis yang memadai. Workshop pengembangan silabus dan RPP untuk semester genap, dilaksanakan untuk membekali para guru dalam memberikan pengajaran dan pelayanan pada siswa MTs 4 Bantul, Kamis (28/11).

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk melatih dan memotivasi guru agar mampu menyusun silabus dan RPP yang ideal. Kegiatan workshop dilaksanakan dalam dua tahapan, yaitu workshop dan pemahaman peraturan kurikulum terbaru dan praktik penyusunan RPP dan penilaian. Sebagai narasumber dalam workshop tersebut adalah Daryono,S.Pd,M.Pd dari Kementerian Pendidikan Pemuda dan Olah raga Kabupaten Kulon Progo.

Sebelum pemateri utama, workshop yang berlangsung selama dua hari, dibuka oleh Kasi Pendidikan Madrasah (dikmad) Kabupaten Bantul yakni Drs Andar Prasetyo,MA. Dalam sambutannya ia menghimbau kepada peserta workshop, agar senantiasa mengembangkan diri untuk pembelajaran agar sesuai tuntutan perkembangan jaman di era digital ini. Perlunya menerapkan konsep pembelajaran dengan, melibatkan siswa secara aktif, mengedepankan karakter, dan mengajak siswa lebih aktif dengan berdiskusi di luar kelas sehingga lebih menyenangkan bagi anak, tambahnya.

Workshop dimulai pukul 08.30 wib dan berakhir pukul 14.30 diikuti oleh bapak ibu guru dan pegawai MTs Negeri 4 Bantul yang berjumlah 78 orang bertempat di aula MTs 4 Bantul. Workshop dilaksanakan oleh pemateri tunggal dengan dua sesi berjalan lancar sesuai rencana. Peserta workshop sangat antusias dan semangat dalam menginkuti kegiatan, karena narasumber bertindak juga sebagai asesor akreditasi madrasah pada tahun 2017 lalu.

Hasil kegiatan  menunjukkan bahwa para guru telah berusaha mencoba menerapkan silabus dan RPP hasil workshop dan kegiatan mandiri dengan baik. Adapun umpan balik yang diperoleh menunjukkan bahwa pada tema workshop sesuai dengan kebutuhan peningkatan profesionalisme guru dan optimis tujuan workshop dapat tercapai. Daya dukung workshop berupa fasilitas ruang maupun fasilitas pendukung cukup memadai sehingga workshop bisa berjalan dengan lancar, baik, tepat waktu, dan menyenangkan. Peserta sangat mendukung adanya pelatihan lanjutan. (khj)

Kontributor : MTSN 4 BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 322

Bagikan