Komitmen Bersama Kunci Menuju Terwujudnya Sekolah Adiwiyata


Komitmen Bersama Kunci Menuju Terwujudnya Sekolah Adiwiyata
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-01-09 07:41:04

Bantul (Matsamaba)- Dalam mewujudkan Sekolah Adiwiyata, salahsatu kuncinya adalah komitmen bersama seluruh stakeholder yang ada di Madrasah, baik itu komite, orangtua/wali, masyarakat sekitar, guru, karyawan dan siswa. Demikian dikatakan  Guru SMKN 1 Sewon Jatmiko, S.Pd dihadapan guru karyawan MTsN 5 Bantul (Matsamaba), Rabu (2/1/2019).

“Lingkungan Matsamaba sudah cukup mendukung, tinggal memoles beberapa hal seperti tumbuhan yang bervariasi, penambahan produk ungggulan, slogan-slogan yang mengajak peduli lingkungan disetiap sudut, pemanfaatan limbah air, biopori, pemanfaatan lahan kosong”, tegas Jatmiko.

Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam upaya rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dahulu dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif.

Tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah agar menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya – upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Program Adiwiyata dikembangkan berdasarkan norma – norma dalam berperikehidupan yang antara lain meliputi: kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam.

Kepala MTsN 5 Bantul Siti Solichah, S.Pd sengaja mendatangkan narasumber dari SMKN 1 Sewon karena sekolah tersebut telah berprestasi sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional, harapannya dapat mengimbaskan segala pengalaman, potensi dan hal-hal positif yang dimiliki kepada Matsamaba.(tan)

Kontributor : Humas
Editor : Humas
Dibaca : 423

Bagikan