Dua Guru MTsN 3 Bantul Ikuti Simposium Nasional Guru Madrasah


Dua Guru MTsN 3 Bantul Ikuti Simposium Nasional Guru Madrasah Peserta simposium dari DIY
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-12-04 12:56:58

Surabaya (MTsN 3 Bantul) - Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah menggelar Simposium Nasional Guru dan Tenaga Kependidikan. Kegiatan ini digelar di Surabaya (2-4/12) dengan tema “Guru Madrasah Yang Profesional yang Moderat di era Disrupsi”. Direktur GTK Madrasah, Suyitno, mengatakan bahwa dalam kegiatan kali pertama ini, dipresentasikan hasil penelitian para Guru dan Tenaga Kependidikan (Tendik) Madrasah.

”Simposium ini berusaha menggali segala gagasan yang menyangkut pengembangan pendidikan di madrasah. Gagasan-gagasan ini merupakan hasil penelitian para Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah,” ujar Suyitno saat membuka Simposium. Dikatakan Suyitno, profesionalitas guru dan tendik madrasah harus terus ditingkatkan. Sebab guru yang berkualitas akan memberikan pembelajaran dan menghasilkan peserta didik yang berkualitas. 

Dua guru MTsN 3 Bantul yaitu Puji Lestari, S.Pd. dan Siska Yuniati, M.Pd. ikut ambli bagian dalam simposium itu. Siska berperan ganda selain peserta juga sebagai even organiser kegiatan mengatasnamakan Pergumapi (Perkumpulan Guru Madrasah Penulis Indonesia). Sementara Puji berperan dalam simposium sebagai penulis makalah yang diagendakan pada temu guru madrasah se-Indonesia itu. Keduanya membawa nama baik madrasah hijau Giriloyo di kancah karya ilmiah tingkat nasional.

Menurut Suyitno, di era distrupsi 4.0, guru dan tendik madrasah memiliki tantangan yang besar. Tantangan yang besar ini harus bisa dimaksimalkan untuk menyebarkan apa yang dimilki kepada publik baik secara langsung maupun di dunia maya. Sudah saatnya guru-guru madrasah mengisi ruang-ruang publik, dengan keilmuan dan kapasitas masing-masing dengan kreatif dan inovatif, termasuk dalam menguatkan moderasi beragama,” tutur Guru Besar UIN Raden Fatah Palembang itu. (ist)

 

Kontributor : MTSN3BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 216

Bagikan