MTsN 8 Gunungkidul Sarapan Ayat-Ayat Suci Al Qu’ran


MTsN 8 Gunungkidul Sarapan Ayat-Ayat Suci Al Qu’ran Formasi pembiasaan tahfidzul Quran tiap pagi siswa MTsN 8 Gunungkidul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-12-03 12:45:00

Gunungkidul (MTsN Gunungkidul)- Agenda Penilaian Akhir Semester (PAS) yang kini sedang dijalani oleh siswa MTs N 8 Gunungkidul (Madsaka) tidak mengubah jadwal pembiasaan pagi. Seperti hari-hari lainnya, selama mengikuti PAS siswa tetap masuk jam ke-nol untuk mengikuti kegiatan tahfidzul quran yang dilakukan secara massal. Jam ke-0 adalah jadwal pembiasaan setiap hari yang dimulai sejak pukul 06.30. Pada saat itu para siswa sudah memosisikan dirinya sesuai dengan kelasnya masing-masing.

Pelaksanaan pembiasaan selama PAS agak berbeda dengan biasanya. Teknik pelaksanaan tahfidz dilakukan secara massal. Dari kelas VII, VIII, dan IX semua berkumpul di halaman dan melantunkan hafalan khusus jus 30 yang dibimbing oleh bapak/ibu pengampu tahfidz secara bergiliran. Seperti halnya pagi ini, Selasa (3/12), sejak pukul 06.30 tadi para siswa sudah disajikan dengan menu sarapan pagi surat-surat pendek jus 30 dan dilanjutkan dengan hafalan asmaul husna.

Selama tiga puluh menit ke depan, siswa dapat memperbaiki hafalan, dan bagi yang belum lancar akan dapat memperlancar hafalannya. Teknik hafalan bersama sangat efektif digunakan untuk mempertahankan hafalan, apalagi jika jumlah siswa yang relative banyak, maka harus mempersiapkan teknik yang bervariasi dan jitu.

“Pembiasaan ini tentunya sangat bermanfaat bagi siswa dan madrasah. Siswa akan dapat terjaga hafalannya, siswa tidak aka nada yang terlambat datang ke madrasah biarpun PAS dimulai satu jam kemudian. Dan yang pasti sarapan pagi dengan lantunan ayat-ayat suci Al Quran sangatlah berpengaruh terhadap kondisi kejiwaan kita.”tandas Ngadiyan yang pada pagi itu mendapat giliran membimbing siswa. Harapannya dengan pembiasaan tahfidz tiap pagi ini, akan tercipta generasi yang tidak buta Al Quran. Selain itu juga untuk mewujudkan madrasah yang hebat bermartabat baik di mata dunia maupun di akherat.(mmn)

Kontributor : MTSN8GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 343

Bagikan