MTsN 8 Gunungkidul Ukur Kemampuan Siswa Melalui PAS


MTsN 8 Gunungkidul Ukur Kemampuan Siswa Melalui PAS Situasi siswa sedang mengerjakan soal PAS di ruang VIII yang bertempat di kelas VIIIC MTsN 8 Gunungkidul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-12-02 20:54:13

Gunungkidul (MTsN 8 Gunungkidul)- Desember identik dengan bulan ujian. Ini akan terjadi hampir di semua institusi pendidikan dasar dan menengah.  Tidak terkecuali MTsn 8 Gunungkidul (Madsaka) juga menyelenggarakan kegiatan ujian  serupa yaitu Penilaian Akhir Semester (PAS). Kegiatan PAS di Madsaka berlangsung sejak hari ini, Senin, 2 Desember  dan akan berakhir sampai Selasa, 10 Desember 2019.  Adapun  mata pelajaran yang diujikan meliputi seluruh mata pelajaran yang berjumlah 16 mapel. Keenam belas mapel ini terdiri dari mapel umum, agama, dan muatan local, serta tahfidz.

Kegiatan PAS ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa terhadap proses belajarnya selama satu semester. Mereka akan dapat mengetahui tingkat keberhasilan belajar melalui nilai yang akan diperoleh nanti. Hal tersebut sangat mungkin untuk mengukur keberhasilan karena soal-soal tersebut dibuat oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang pastinya penyusun soal adalah guru mereka sendiri, sehingga hasilnya akan terukur.

Untuk memperlancar penyelenggaraan PAS ini, maka dibentuk panitia khusus  yang bertugas mempersiapkan pelaksanaan penilaian. Panitia akan bekerja dan berusaha supaya PAS bisa berlangsung dengan lancar. Dalam kesempatan tersebut, Taryana, selaku Ketua Panitia PAS, dalam persiapannya menyampaikan kepada para siswa, bahwa mereka harus mengikuti dengan serius. “PAS ini adalah alat untuk mengukur keberhasilan Anda. Apakah Anda berhasil atau tidak akan terlihat pada perolehan nilai nanti. Maka dari itu, ikutilah PAS ini dengan serius dan sportif.” andasnya. Memang sikap jujur dan sportif menjadi salah satu kunci sukses dalam membentuk watak atau budi pekerti luhur. Dua hal ini sangat diutamakan dalam proses pembimbingan siswa Madsaka.(mmn)

Kontributor : MTSN8GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 166

Bagikan