Cegah Anemia, Siswi MAN 3 Sleman Konsumsi Tablet Tambah Darah


Cegah Anemia, Siswi MAN 3 Sleman Konsumsi Tablet Tambah Darah
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-12-02 13:33:30

Sleman (MAN 3 Sleman) – Setiap orang tua perlu memperhatikan asupan makanan dan pemenuhan gizi putra putrinya. Hal ini sangat berpengaruh pada pola tumbuh kembang anak. Pada umumnya, pokok sasaran yang diharapkan adalah meningkatnya status kesehatan keluarga dan masyarakat. Perbaikan gizi masyarakat dapat dimulai dengan pemberian tablet tambah darah (TTD) bagi remaja putri dengan target sebesar 30% pada tahun 2019. Tablet tambah darah dapat memutus mata rantai terjadinya stunting, mencegah anemia dan meningkatkan cadangan zat besi dalam tubuh sebagai bekal mempersiapkan generasi yang sehat, berkualitas dan produktif.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Surat Edaran Nomor HK.03.03/V/0595/2016 menyampaikan tentang pemberian tablet tambah darah pada remaja putri dan Wanita Usia Subur (WUS). Berdasarkan surat edaran tersebut tercatat bahwa asupan zat gizi besi dari makanan baru memenuhi sekitar 40% dari persentase kecukupan. Pemerintah berupaya melakukan tindakan preventif dengan memberikan TTD dengan komposisi yang terdiri dari 60 mg zat besi elemental dan 0,400 mg asam folat pada remaja putri usia 12-18 tahun (SMP dan SMA atau sederajat) dan Wanita Usia Subur (WUS) usia 15-49 tahun di institusi tempat kerja.

Cegah Anemia, Siswi MAN 3 Sleman Konsumsi Tablet Tambah Darah

Jum’at (29/11) Esti Supeni, S.Pd., Kor. selaku guru penjas membagikan tablet tambah darah kepada seluruh siswi MAN 3 Sleman. Peni membagikan langsung kepada para siswi dikelas masing-masing. Setiap siswi mendapat satu TTD untuk diminum saat itu juga. Tahap kedua akan dibagikan kembali pada minggu selanjutnya, sehingga setiap siswi memperoleh dua tablet. Sebelum para siswi mengonsumsi tablet tersebut, sudah ada beberapa siswi yang ditunjuk untuk mengikuti sosialisasi GeTAR THALA oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. Para siswi tampak antusias mendapat informasi dan tablet tambah darah karena mereka sadar akan kesehatan dirinya.

“Tablet ini kami distribusikan kepada seluruh siswi kelas X yang berjumlah 156 siswi, kelas XI 169 siswi dan kelas XII 141 siswi” tutur Peni. Dari sekian siswi yang mengonsumi muncul beberapa reaksi dari tubuh mereka seperti terasa pusing dan mual, namun hal ini bukan efek yang perlu dikhawatirkan. Meski demikian banyak siswi yang kondisi tubuhnya tetap fit hal ini dikarenakan reaksi tubuh setiap orang berbeda-beda. Sementara pihak orang tua wali ada yang memberikan tanggapan baik bahwa TTD ini wajib diminum oleh perempuan yang sudah haid untuk mengatasi anemia. “Para siswi mayoga perlu edukasi seperti ini dan program pemberian TTD ini sudah direalisasikan dibeberapa sekolah sehingga kita tidak perlu khawatir dengan efeknya, karena memang bermanfaat untuk masa depan mereka” tambah Nur Wahyudin Al Azis, selaku Kepala MAN 3 Sleman memberi dukungan. (Est)

Kontributor : MAN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 343

Bagikan