Dua Guru Madrasah DIY Siap Presentasikan Naskah di Simposium Nasional


Dua Guru Madrasah DIY Siap Presentasikan Naskah di Simposium Nasional
Kategori : BIDANG/PEMBIMAS
Tanggal : 2019-12-02 10:41:03

Surabaya (Inmas DIY) – Dua orang guru madrasah dari DIY siap mempresentasikan naskah dalam symposium nasional Guru Madrasah yang diadakan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama. Kegiatan berlangsung Senin-Rabu (2-3/12) di Harris Hotel dan Convention Gubeng Surabaya.

Naskah yang ditulis Noor Shofiyati dari MTsN 9 Bantul dan Nova Indriati, M.Si. dari RA Nurul Dzikri Sleman berhasil lolos dan masuk 20 naskah terbaik. Mereka mampu bersaing dengan 524 naskah yang ditulis para guru, kepala madrasah dan pengawas dari seluruh Indonesia.

Selain menampilkan 20 naskah terbaik, Direktorat GTK juga memberikan kesempatan kepada 1100 peserta yang sudah melakukan registrasi untuk ikut sebagai peserta aktif (non presentasi). Dari DIY terdapat 19 orang yang hadir sebagai undangan. Selain Kabid Dikmad, Muntolib, MSI. dan Kasi PTK, Abd. Su’ud, MSI. turut serta para guru, kepala madrasah dan pengawas. Rina Harwati, S.Pd, M.Pd. (MTsN 6 Bantul), Umu Hani', S.Pd (MTsN 3 Sleman), Barokatussolihah, S.Ag M.S.I, (MTsN 2 Kulon Porogo), Nur Hasanah Rahmawati, SAg, MM, (MTsN 6 Sleman), Rita Tiaswari S.Pd MSI. (MTs N 4 Sleman), Puji Lestari, S.Pd. (MTsN 3 Bantul), Ely Widayati, S.Pd. (MTsN 6 Bantul), Kasmad Rifangi (MI Ma'arif Sendang Kulon Progo), Nurhayanti, S.Pd., M.Sc. (MAN 3 Kulon Progo), Surini, S.Pd, M.Pd. (MAN 1 Yogyakarta), Elfa Tsuroyya (MAN 3 Sleman), Etik Fadhilah Ihsanti (MIN 1 Kulon Progo), Imam Muttaqin (MAN 2 Kulon Progo), Muchtarom (MAN 3 Sleman), Sri Indah SA. (MI Ma'arif Mbego Sleman), Etyk Nurhayati (MTsN 5 Sleman) dan Faizus Sya’bani (Pengawas Kankemenag Gunungkidul).

Kabid Dikmad Muntolib berharap agar semua peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik. Khususnya kepada dua orang yang akan menyampaikan presentasi. Di era industri 4.0 ini GTK Madrasah dituntut bukan hanya moderat tapi juga profesional dan inovatif. Inovasi GTK Madrasah harus senantiasa dibarengi dengan sikap hidup yang moderat. GTK Madrasah yang moderat akan dapat mengambil dan menerima ilmu dari berbagai sumber

Kasi PTK, Abd Suud menyebutkan, moderasi beragama yang menjadi jantung peradaban Islam, khususnya di Indonesia telah menjadi trending topic di lini sosial media secara global. Kekuatan SDM Indonesia yang moderat dan profesional merupakan inti kekuatan dan kehebatan terwujudnya Indonesia sebagai destinasi peradaban Islam dunia. Even-even ilmiah yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional tahun 2019 ini merupakan wahana unjuk prestasi, unjuk karya, dan unjuk inovasi dari para GTK Madrasah. Dan di tahun berikutnya akan ditingkatkan terus sehingga mahakarya dan inovasi SDM Madrasah bisa terekspos ke suluruh penjuru dunia. [eko]

 

Kontributor : Eko Triyanto
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 422

Bagikan