Edukasi Siswa Tentang Pemilu, MAN 5 Sleman Berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu


Edukasi Siswa Tentang Pemilu, MAN 5 Sleman Berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu Siswa MAN 5 Sleman berkunjung ke Rumah Pintar pemilu
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-12-02 10:23:34

Sleman (MAN 5 Sleman) – Madrasah Aliyah Negeri 5 Sleman belajar tentang pemilu dan demokrasi di Rumah Pintar Pemilu (RPP) milik KPU Sleman, Kamis (28/11). Sebanyak 68 siswa berkunjung Rumah Pintar Pemilu dengan didampingi oleh beberapa Guru Pembibing. Kedatangan siswa MAN 5 Sleman diterima langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Sleman Trapsi Haryadi, SIP dan jajaran sekretariat.

Dalam kunjungan ini, para siswa diberikan penjelasan seputar proses pemilu dan  penyelenggara Pemilu mulai tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga Kabupaten. Materi dalam kelas Pemilu tersebut dibawakan oleh Komisioner KPU Divisi Pemaparan.

Edukasi Siswa Tentang Pemilu, MAN 5 Sleman Berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu

Edukasi Siswa Tentang Pemilu, MAN 5 Sleman Berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu

Edukasi Siswa Tentang Pemilu, MAN 5 Sleman Berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu

Salah satu Guru Pembibing, Mu’awanah Zulaichah, S.Pd menyatakan pentingnya mengedukasi siswa sebagai pemilih pemula agar lebih paham akan pentingnya pemilu dan demokrasi. “Tujuan kunjungan ke Rumah Pintar Pemilu tersebut untuk meningkatkan partisipasi pemilih siswa sebagai pemilih pemula, baik secara kualitas maupun kuantitas dalam seluruh proses penyelenggaraan Pemilu. Semoga dengan berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu ini dapat mengedukasi siswa akan pentingnya pemilu dan demokrasi,” ujar Mu'awanah Zulaichah yang juga guru PKn ini.

Kepala MAN 5 Sleman, Drs. Aris Fu’ad menyampaikan pemilu tidak hanya proses untuk sekedar mencoblos atau mencontreng belaka. Dibalik itu ada tanggung jawab bersama untuk benar-benar memilih pemimpin yang baik, bebas money politic dan bebas korupsi.

“Kita berikan edukasi kepara para siswa sebagai pemilih pemula tentang pentingnya pelaksanaan pesta demokrasi. Semoga dengan berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu ini, para siswa banyak belajar tentang bagaimana pemilu itu berjalan mulai dari tahapan hingga pelaksanaannya dan termasuk alurnya di Tempat Pemungutan Suara,” jelas Aris Fu’ad.

Para siswa yang akan jadi pemilih pemula ini nampak antusias mengikuti jalannya kegiatan, ditambah menarik dengan adanya doorprize yang dipersiapkan. Usai menerima materi dan sesi tanya jawab para siswa kemudian dipersilakan untuk berkeliling di Rumah Pintar Pemilu. Mereka menyaksikan secara langsung maket denah Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga model surat suara dari waktu ke waktu. (tmr)

 

 

Kontributor : MAN5SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 287

Bagikan