Hadapi PAS, MTsN 7 Gunungkidul Tingkatkan Motivasi dengan Outbond


Hadapi PAS,  MTsN 7 Gunungkidul Tingkatkan Motivasi dengan Outbond Dalam suasana yang santai dan menyenangkan, siswa tetap berkonsentrasi dalam menerima pesan, dalam permainan kata.
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-12-01 17:56:06

Gunungkidul ( MTsN 7 Gunungkidul)  - Menjelang Penilaian Akhir Semester (PAS), MTsN 7 Gunungkidul  mengadakam kegiatan untuk memberikan motivasi terhadap seluruh siswa. Salah satu dari serangkaian kegiatan tersebut, pihak madrasah mengadakan kegiatan outbond di waterbyur Ponjong pada hari Sabtu (30/11).

Kegiatan outbond tersebut juga menjadi salah satu upaya pihak madrasah dalam membentuk karakter para siswa. Karena dalam outbond tersebut terdapat permainan-permainan yang melatih konsentrasi, kerjasama,ketangkasan, kejujuran serta melatih mental.

Hadapi PAS,  MTsN 7 Gunungkidul Tingkatkan Motivasi dengan Outbond

Dalam sebuah apel, Kegiatan outbound dibuka langsung oleh kepala MTsN 7 GK. Disampaikan maksud dan tujuan kegiatan tersebut. Juga disampaikan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama kegiatan tersebut. “Kegiatan outbond ini selain menjadi kegiatan refreshing tentunya juga disisipi motivasi-motivasi dalam menghadapi PAS. Harapannya anak tambah bersemangat dalam menghadapi PAS.”tutur Muthohar.

Selepas apel, bergegas siswa menuju tempat outbond, yaitu di Waterbyur. Sebuah kolam renang dengan view sawah yang sejuk di kecamatan Ponjong.  Sekitar setengah jam perjalanan, siswa sudah sampai di tempat tujuan. Siswa langsung menerima pengarahan kegiatan.

Trainer dalam kegiatin tersebut diampu oleh guru MTsN 7 Gunungkidul, diambil dari beberapa pembina pramuka dan wakaur kesiswaan.  Diawali dengan outbond  kelompok besar, putra dan putri, siswa tampak asyik dengan permainan kata-kata. Dimana siswa harus mengerjakan perintah secara kompak. Tapi mereka harus mengerjakan kebalikan yang diperintahkan tersebut.

Dalam kelompok kecil di pos satu, siswa bermain estafet gelang karet.  Permainan ini terlihat gampang, tapi sebenarnya tidak benar benar seperti kelihatannya, dimana ketika alat yang digunakan untuk melakukan estafet adalah sebuah sedotan untuk mengoper ke teman berikutnya. Dalam permainan ini mengajarkan bagaimana bekerjasama dan kesabaran.

Di pos 2, terdapat permainan estafet air. Dalam permainan ini siswa harus mengoper air dalam baku kepada teman yang duduk di belakangkangnya. Permainan ini sangat seru ketika air justru tumpah membasahi temannya. Dalam permainan ini diperlukan satu kehatian-hatian.

Di pos terakhir siswa bermain kapal pecah. Siswa harus berpijak diselembar kertas koran, yang kemudian dilipat beberapa kali, namun seluruh anggota harus tetap bisa berpijak di atasnya. Dalam hal ini, Siswa harus berpikir bagaimana harus menyelamatkan diri tapi tidak mengesampingkan keselamatan seluruh anggota kelompok ketika sebuah kapal.

Kegiatan diakhiri dengan permainan bebas dikolam renang sepuasnya. Alhamdulillah kegiatan outbound tersebut berjalan lancar dan mendapat respon yang baik dilihat dari keceriaan dari para peserta outbound. “Harapan kedepan agar PAS bisa dilaksanakan dengan lancar dan para siswa bersemangat mengikutinya.” pungkas Suparno, wakaur kesiswaan. (sws)

 

Kontributor : MTSN7GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 235

Bagikan