Respons Anjuran Mendikbud, Guru MTsN 5 Gunungkidul Ajak Siswa Diskusi Sejarah di Luar Kelas


Respons Anjuran Mendikbud, Guru MTsN 5 Gunungkidul Ajak Siswa Diskusi Sejarah di Luar Kelas Siswa mengikuti diskusi dan tanya jawab dengan juru pemelihara Candi Risan
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-11-29 14:22:08

Gunungkidul (MTsN 5 Gunungkidul) -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim dalam sambutan Hari Guru Nasional, 25 November 2019 lalu, menganjurkan guru untuk melakukan perubahan di kelas. Salah satunya mengajak siswa berdiskusi, baik di dalam maupun di luar kelas. Merespons hal tersebut, Guru IPS MTsN 5 Gunungkidul (Madsalim GK) mengajak siswa belajar dan diskusi sejarah di luar kelas. 


Kegiatan ini melibatkan siswa kelas VII B. Dilakukan di Candi Risan, Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Gunungkidul, Rabu (27/11). Candi Risan merupakan salah satu peninggalan Hindu-Budha yang berjarak kurang lebih 7 kilometer dari madrasah. Dengan menggunakan mobil, rombongan berangkat pukul 08.00 WIB. Perjalanan kurang lebih 10 menit. Sesampai disana, para siswa bertemu dengan juru pemelihara candi, Bu Ida dan Pak Rudi. Diberikan materi pengantar tentang sejarah candi. Kemudian, siswa diberikan satu topik diskusi untuk dibahas secara kelompok dengan bimbingan guru. Referensi diskusi mengambil dari bahan ajar IPS dan penjelasan dari juru pemelihara. 


Inisiator kegiatan, Yuni Renitasari, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang peninggalan Hindu-Budha di wilayah Gunungkidul dan sekitarnya. Ke depan, pihaknya juga akan mengajak siswa mengunjungi peninggalan sejarah Islam. "Kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan siswa tentang sejarah kebudayan dan agama di masa lalu. Disana pembelajaran yang dilakukan bersifat menyenangkan dan rekreatif, "ujarnya di sela-sela kegiatan.

Sementara, siswa kelas VII B, Khalifah Syarif Hidayatullah, mengaku senang bisa belajar di luar kelas. Karena bisa melihat objek candi secara langsung. "Kalau diskusi di luar kelas lebih asyik dan betah,  apalagi dibawah pohon rindang dan pemandangannya bagus, "katanya saat diwawancari. (nes) 

Kontributor : MTSN5GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 331

Bagikan