Ikrar Kejujuran Tandai Dimulainya PAS MAN 4 Bantul


Ikrar Kejujuran Tandai Dimulainya PAS MAN 4 Bantul Pembacaan Ikrar Kejujuran Pada Hari Pertama Pelaksanaan PAS di MAN 4 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-11-29 10:27:52

Bantul (MAN 4 Bantul) - Hari ini adalah hari pertama peserta didik MAN 4 Bantul melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan mata pelajaran Ekonomi, Biologi lintas minat dan Bahasa Jawa. Penilaian Akhir Semester Gasal tahun ajaran 2019/2020 di MAN 4 Bantul dilaksanakan mulai hari ini Jum’at (29/11) sampai hari Rabu (11/12).

Menurut Muhamad Yusuf selaku Kepala Madrasah bahwa pelaksanaan PAS ini mempunyai beberapa tujuan yang akan dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk ke depannya. Diantaranya, untuk mengetahui sejauh mana peserta didik memahami pelajaran yang mereka terima, mengetahui kesulitan belajar, dan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan peserta didik.

Ikrar Kejujuran Tandai Dimulainya PAS MAN 4 Bantul

PAS di MAN 4 Bantul diikuti oleh 408 peserta didik kelas X, XI dan XII yang terbagi dalam 13 ruang. Untuk pengawasan, setiap ruang diawasi dan dijaga oleh dua orang guru. Untuk meminimalisir terjadinya kecurangan, Yusuf selaku Kepala Madrasah melakukan tindakan persuasif  dan ramah. Tindakan itu berupa ajakan dan nasihat kepada peserta didiknya untuk selalu berlaku jujur. “Demi terwujudnya sikap kejujuran ini hari pertama pelaksanaan PAS seluruh peserta didik mengucapkan ikrar kejujuran,” ungkap Yusuf.  

Masih kata Yusuf pada pelaksanaan PAS ini peserta didik harus mengedepankan tiga karakter, yaitu, jujur, disiplin dan tanggung jawab. “Kejujuran itu seperti emas 24 karat. Dimanapun, emas akan tetap bernilai dan selalu bermanfaat. Artinya, nilai memang penting, tapi kejujuran jauh lebih penting,” kata Yusuf. (ica)

 

Kontributor : MAN4BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 393

Bagikan