MAN 3 Sleman Gelar Rapat Persiapan Penilaian Akhir Semester Gasal


MAN 3 Sleman Gelar Rapat Persiapan Penilaian Akhir Semester Gasal
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-11-29 09:58:23

Sleman (MAN 3 Sleman) – Penilaian Akhir Semester (PAS) menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan khususnya bagi siswa dalam proses belajar mengajar selama satu semester. Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) untuk semester gasal kini tinggal dalam hitungan jam. Kegiatan pembelajaran dan tatap muka di kelaspun telah berakhir.Setelah menempuh proses pembelajaran selama satu semester lamanya, kini para siswa akan menghadapi masa ujian. Kegiatan PAS yang akan berlangsung dari tanggal 29 November hingga 11 Desember ini tentu membutuhkan persiapan yang matang.

Kamis (28/11) seluruh guru dan pegawai MAN 3 Sleman mengikuti rapat koordinasi untuk persiapan PAS di ruang AVA lantai 2. Kesuksesan pelaksanaan PAS tergantung dari seberapa baik persiapan yang dilakukan, untuk itu rapat siang hari ini menjadi penting untuk dilaksanakan. Rapat dipandu oleh Warjo, M.Pd. selaku pembawa acara, dilanjutkan sambutan dan beberapa informasi dari Kepala Madrasah, Nur Wahyudin Al Azis, S.Pd.

MAN 3 Sleman Gelar Rapat Persiapan Penilaian Akhir Semester Gasal

Pada kesempatan ini beliau menyampaikan bahwa untuk PAS tahun ini tidak semua mata pelajaran diperkenankan menggunakan aplikasi Geschool. “Hal ini didasarkan pada pertemuan yang diselenggarakan oleh beberapa Kepala Madrasah beberapa waktu lalu. Akhirnya, hanya mata pelajaran lokal saja yang boleh menggunakan aplikasi Geschool, selebihnya bersifat paper test,” terang Azis.

“Meskipun ada perbedaan media untuk PAS, kita berharap para siswa tetap fokus dan semangat belajar sehingga hal ini tidak akan menjadi suatu permasalahan” imbuh Azis.

Teknis pelaksanaan PAS hampir sama seperti PTS beberapa bulan yang lalu yakni setiap ruang akan ditunggu oleh dua pengawas, ujian akan dimulai pukul 07.30 WIB dengan diawali bacaan doa dan asmaul husna seperti biasa. Hal yang tidak kalah penting adalah pembacaan ikrar kejujuran yang diucapkan serentak oleh seluruh peserta ujian di setiap ruang. Ikrar kejujuran yang berisi lima point tersebut diharapkan tidak hanya sebatas ucapan di pagi hari saja, namun mampu dibuktikan oleh para peserta ujian dengan amanah dan sungguh-sungguh.

Rapat yang memakan waktu hampir 90 menit ini selain membahas persiapan PAS juga dibicarakan beberapa hal penting, seperti informasi tentang jalur masuk perguruan tinggi serta informasi terkait pembagian tablet penambah zat besi.

Selanjutnya, Nasabun, S.Pd. Guru BK MAN 3 Sleman menyampaikan informasi terkait proses dan jalur untuk seleksi masuk Perguruan Tinggi. Beliau menjelaskan time line pelaksanaan SNMPTN, pendaftaran akun di LTMPT, pengisian PDSS, hingga jadwal ujian UTBK. (Est/Rta)

Kontributor : MAN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 754

Bagikan