MAN 3 Bantul , Rujukan Observasi Mahasiswa Alma Ata


MAN 3 Bantul , Rujukan Observasi Mahasiswa Alma Ata Wakabid KurikulumSumarna MPd menerima mahasiswa prodi PAI dari Universitas Alma Ata dalam kegiatan Observasi metode pembelajaran SKII, di ruang perpustakaan, Rabu (27/11)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-11-28 23:10:40

Bantul (MAN 3 Bantul) – Kerjasama yang terjalin antara MAN 3 Bantul dengan Universitas Alma Ata Yogyakarta sudah berlangsung selama ini. Berbagai kegiatan juga telah diselenggarakan dalam merealisasikan bentuk kerjasama tersebut. Salah satu diantaranya adalah penunjukan MAN 3 Bantul sebagai ajang observasi mahasiswa Universitas Alma Ata program pendidikan Agama Islam yakni pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Kegiatan yang dilakukan 9 mahasiswa Alma Alta tersebut diterima Wakabid Kurikulum Sumarna MPd di ruang perpustakaan, Rabu (27/11).

Menurut ketua kelompok dari 9 mahasiswa tersebut Fathir Al Ikhlas menyampaikan, observasi yang akan mereka lakukan adalah tentang metode pembelajaran khususnya mata pelajaran SKI serta manajemen keuangan dalam pengelolaan pendidikan. Observasi akan dilakukan dengan menemui guru mata pelajaran SKI, Fatih dan melakukan pengamatan pada proses pembelajaran mapel SKI di kelas. “Hasil observasi yang kami peroleh nantinya akan kami gabungkan dengan teori pembelajaran yang kami peroleh dalam kuliah. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi kami mengingat kedepannya kami akan terjun langsung sebagai pendidik,” ujarnya.

MAN 3 Bantul , Rujukan Observasi Mahasiswa Alma Ata

Sedangkan Sumarna dalam sambutan penerimaan menyampaikan pesan untuk melaksanakan observasi dengan sungguh sungguh sehingga hasil yang didapatkan juga sesuai dengan harapan yang telah dirumuskan oleh Universitas Alma Ata. Menurutnya terjun langsung ke lapangan melalui kegiatan observasi sangatlah penting guna melengkapi pemahaman, wawasan serta pengetahuan yang telah diperoleh di bangku kuliah. Semakin lengkap pengetahuan yang didapatkan tentunya akan mempermudah ketika nantinya terjun ke dunia pendidikan yakni sebagai guru atau pendidik.

“Semoga ilmu yang diperoleh di MAN 3 Bantul bisa menjadi bekal untuk mempersiapkan diri menjadi pendidik yang handal dan mumpuni. Dengan pembimbingan dan pendampingan dari guru dan pegawai di madrasah juga bisa memberikan wawasan tentang tugas dan fungsi seorang pendidik,” papar Sumarna.

Seusai penerimaan, 9 mahasiswa semester 5 pada prodi PAI  yang terdiri dari Gunawan, Nabila Mia, Anwar, Sholihin, Musyofa, Lutfia, Umi Hidayatun, Lia A’la dan Fathir menemui guru SKI untuk menggali data dan informasi tentang metode pembelajaran SKI. Sedangkan untuk manajemen keuangan, mereka menemui bagian keuangan di Tata Usaha madrasah. Seusai observasi pembelajaran dan keuangan, mereka  melanjutkan observasi lingkungan dengan mengelilingi area madrasah. (lif)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 1256

Bagikan