Peduli Kesehatan Wanita, MTsN 8 Gunungkidul Kampanye Minum Fe


Peduli Kesehatan Wanita, MTsN 8 Gunungkidul Kampanye Minum Fe Sosialisasi Kampanye Minum Tablet Fe demi menjaga kesehatan oleh UPT Puskesmas Karangmojo di MTsN 8 Gunungkidul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-11-28 21:41:52

Gunungkidul (MTsN 8 Gunungkidul)- Unit Kesehatan Sekolah (UKS) MTsN 8 Gunungkidul bersama dengan UPT Puskesmas Karangmojo 1 menyosialisasikan program Kampanye Minum Langsung Tablet Fe terhadap 169 siswa putri di madrasah setempat, Kamis (28/11). Kegiatan berlangsung musala putra yang memungkinkan untuk menampung sejumlah siswa tersebut. Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memberi suplemen atau tambahan nutrisi kepada remaja putri.

“Tujuan pemberian ini adalah untuk mengganti pengeluaran darah dari tubuhnya sebagai akibat dari menstruasi yang mereka alami. Tablet Fe ini berfungsi untuk menambah kadar haemoglobin atau memperlancar proses pembentukan haemoglobin, apabila rutin dilakukan seminggu sekali.” tandas Suwatiningsih, Tim kampanye UPT Puskesmas Karangmojo. Dalam sosialisasinya di depan para siswa, ia tidak segan-segan menyampaikan bahwa posisi wanita itu sangat rentan terkena animea. Hal ini disebabkan siklus tertentu yang pasti akan dialami oleh wanita. Siklus tersebut memaksa kaum wanita harus lebih peduli terhadap kondisi tubuhnya. Dengan mengonsumsi tablet Fe secara rutin menjadi salah satu upaya untuk mempertahankan kesehatan wanita.

Dalam kesempatan tersebut ke-169 siswa putri dibagikan tablet Fe yang harus diminum saat itu juga. Setelah mendapat sosialisasi tentang animea dan manfaat tablet Fe, mereka tidak ragu-ragu lagi meminum tablet Fe yang telah dibagikan. Artinya, mereka menyadari bahwa menjadi remaja putri harus siap sejak dini  untuk memiliki kualitas kesehatan yang baik, karena meraka yang akan melahirkan generasi penerus nantinya. (mmn)

Kontributor : MTSN8GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 170

Bagikan