MAN 4 Bantul Jadikan PAS 2019 Sebagai Instrumen Pengembangan Nilai-nilai Kejujuran


MAN 4 Bantul Jadikan PAS 2019 Sebagai Instrumen Pengembangan Nilai-nilai Kejujuran Kepala MAN 4 Bantul Tekankan Nilai Kejujuran Pada Pelaksanaan PAS 2019
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-11-28 14:06:09

Bantul (MAN 4 Bantul) – Dalam rangka persiapan Penilaian Akhir Semester Satu (PAS) MAN 4 Bantul mengadakan koordinasi pada hari Rabu, (27/11) di Ruang Labkom. Koordinasi PAS dipimpin langsung oleh Mohamad Yusuf selaku Kepala Madrasah.

Dalam sambutan sekaligus pengarahan Yusuf menekankan tentang nilai sikap kejujuran peserta didik dalam pelaksanaan PAS lebih ditingkatkan. “Modal utama dalam hidup adalah kejujuran, sebagaimana yang ditekankan dalam agama Islam.  Dengan kejujuranlah, maka hidup akan menjadi indah dan damai,” ungkap Yusuf.

MAN 4 Bantul Jadikan PAS 2019 Sebagai Instrumen Pengembangan Nilai-nilai Kejujuran

Selaku Kepala Madrasah Yusuf meminta seluruh guru untuk memberikan pengertian kepada peserta didik tentang kejujuran dalam pelaksanaan PAS yang akan di mulai Jum’at, (29/1) besok.  Adapun tujuan dari PAS ini yaitu untuk melihat pencapaian hasil pembelajaran peserta didik selama satu semester. “Pelaksanaan penilaian tersebut mengacu pada kalender pendidikan di madrasah/sekolah masing-masing,” jelas Yusuf.

Masih kata Yusuf, PAS ini tidak hanya menitikberatkan pada kemampuan pengetahuan (kognitif) saja. Namun yang terpenting mengajarkan dan melatih kejujuran siswa dalam mengisi lembar jawaban.

Siswa dituntut untuk mengandalkan kemampuan sendiri, tidak mencontek dan melakukan upaya negatif selama pelaksanaan PAS. “Pendidikan seperti ini perlu dilakukan sejak dini dalam berbagai momen untuk membentuk pribadi jujur dan percaya pada kemampuan sendiri. Hal itu untuk membentuk pribadi yang disiplin, jujur, hebat dan mandiri sehingga akan lahir generasi idaman. Salah satunya dengan kegiatan Penilaian Akhir semester ini,” pungkas Yusuf. (ica)

Kontributor : MAN4BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 322

Bagikan