Penyerahan Kembali Mahasiswa PLP UIN Suka, Kepala MAN 3 Bantul Sampaikan Pesan


Penyerahan Kembali Mahasiswa PLP UIN Suka, Kepala MAN 3 Bantul Sampaikan Pesan Penyerahan kembali mahasiswa PLP UIN Sunan Kalijaga oleh kepala MAN 3 Bantul In Amullah kepada pembimbing PLP Untoro di aula madrasah, Rabu (27/11)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-11-28 08:36:31

Bantul (MAN 3 Bantul) – Seiring dengan berakhirnya pelaksanaan Praktik Lapangan Pengajaran (PLP) bagi mahasiswa yang tergabung dalam program study pendidikan Biologi, Fisika, Kimia dan Matematika fakultas Tarbiyah Uniersitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta di MAN 3 Bantul, madrasah menyelenggarakan acara pelepasan dan penyerahan kembali mahasiswa peserta PLP. Kegiatan diikuti 18 mahasiswa , dosen pembimbing, kepala madrasah, wakil kepala madrasah dan guru Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi sebagai pendamping mahasiswa di aula Rabu (27/11).

Pelepasan dan penyerahan kembali mahasiswa peserta PLP dilakukan kepala madrasah In Amullah dan diterima langsung oleh pembimbing mahasiswa Untoro. Dalam sambutan pelepasan kepala madrasah menyampakan rasa terima kasih kepada UIN Sunan Kalijaga atas pemilihan MAN 3 Bantul sebagai tempat pelaksanaan PLP bagi mahasiswa. In Amullah berharap kerjasama tersebut dapat terus berlanjut untuk masa yang akan datang. “Semoga kedepannya kerjasama ini akan meningkat dan berkembang dalam kegiatan lainnya untuk kemajuan kedua belah fihak,” tegasnya.

Penyerahan Kembali Mahasiswa PLP UIN Suka, Kepala MAN 3 Bantul Sampaikan Pesan

Penyerahan Kembali Mahasiswa PLP UIN Suka, Kepala MAN 3 Bantul Sampaikan Pesan

Dalam kesempatan tersebut In Amullah juga menyampaikan pesan kepada mahasiswa peserta PLP yang telah selesai melaksanakan tugas di MAN 3 Bantul yaitu ilmu dan wawasan yang sudah diperoleh di madrasah hendaknya bisa menjadi motivasi serta inspirasi untuk semakin rajin belajar dan pengetahuan yang sudah diperoleh teruslah dikembangkan sesuai perkembangan jaman namun tetap berlandaskan ajaran Islam dalam penerapannya. “Dengan pengalaman mengajar dan menerapkan teori kedalam praktik di madrasah, kami berharap akan menjadi pengalaman yang sangat berharga untuk bekal menyongsong masa depan,” ungkapnya sesaat sebelum mengakhiri sambutan.

Sementara itu pembimbing mahasiswa dalam PLP, Untoro menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak madrasah atas berkenannya menjadi ajang pelaksanaan program PLP UIN Sunan Kalijaga tersebut. Untoro menambahkan pelaksanaan PLP berlangsung dengan lancar dan sesuai dengan rencana. “Kegiatan ini merupakan agenda rutin UIN dan pemilihan MAN 3 Bantul sebagai ajang mahasiswa dalam PLP  merupakan kelanjutan dari program yang sama di tahun tahun sebelumnya. Sudah beberapa kali MAN 3 Bantul kami pilih untuk menjadi ajang bagi mahasiswa dalam mempraktikkan teori yang sudah diperoleh dari pembelajaran di perkuliahan,” tandas Untoro.

Diakhir kegiatan Wakabid kurikulum Sumarna  menyampaikan evaluasi pelaksanaan PLP bagi mahasiswa . Menurut Sumarna praktik mengajar dengan didampingi guru mata pelajaran berlangsung dengan baik dan lancar. Beberapa kendala dan permasalahan yang muncul pada saat penyusunan administrasi maupun pembelajaran bisa diatasi dengan diskusi bersama guru mapel pendamping. “Dengan praktik langsung mahasiswa bisa mengetahui kondisi dan permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran di lapangan. Hal ini penting mengingat kedepannya mahasiswa juga akan terjun di bidang pengajaran,” pungkas Sumarna sebelum menutup acara penyerahan kembali mahasiswa PLP. (lif)

 

 

 

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 230

Bagikan