Bangun POB Syeh Bela-Belu Parangtritis, Direktorat Urais dan Binsyar Kemenag RI Siap Kucurkan 3 Milyar


Bangun POB Syeh Bela-Belu Parangtritis, Direktorat Urais dan Binsyar Kemenag RI Siap Kucurkan 3 Milyar
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2019-11-27 19:04:40

Yogyakarta (Inmas DIY)—Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag RI Moh. Agus Salim mengungkapkan pihaknya akan membangun Pos Observasi Bulan (POB) Syeh Bela-Belu di Parangtritis, Yogyakarta. Anggaran yang disediakan senilai 3 milyar rupiah. Ia mengemukakan hal itu saat membuka Sosialisasi Kebijakan Bidang Urais dan Binsyar di DIY, Rabu (27/11) di Eastparc Hotel, Yogyakarta.

Agus Salim menjelaskan, sedianya anggaran pembangunan POB Syeh Bela-Belu sudah siap tahun ini. “Namun karena munculnya di akhir tahun maka kami tunda awal tahun depan dikucurkan agar proses pembangunan dapat maksimal,” tandasnya didampingi Kepala Bagian Tata Usaha Kemenag DIY Muhammad Wahib Jamil dan Kabid Urais dan Binsyar Nadhif.

Bangun POB Syeh Bela-Belu Parangtritis, Direktorat Urais dan Binsyar Kemenag RI Siap Kucurkan 3 Milyar

Di samping itu, Agus Salim juga menjelaskan beberapa Peluang dan Tantangan Program Bimbingan dan Layanan Bidang Urais dan Binsyar. Menurut mantan Kakanwil Kemenag Banten itu, beberapa isu aktual yang tengah dihadapi antara lain jumlah sumber daya manusia yang belum memadai; struktur organisasi belum linier; dan anggaran yang belum memadai. “Kita juga menilai masih lemahnya koordinasi lintas sektoral pada saat menangani kasus-kasus keagamaan dan hingga saat ini belum terwujudnya kesepakatan ormas Islam khususnya terkait kalender Hijriyah,” tandasnya.

Terkait tantangan yang ada, menurutnya, anggaran kini harus berbasis program dimana kehidupan keagamaan semakin kompleks.

Ia juga merinci beberapa tugas Subdit jajarannya. Yakni yang pertama Subdit Hisab Rukyat Syariah yang bertanggung jawab menyelenggarakan Pertemuan Pakar Falak MABIMS, Lokakarya Qodhaya Fiqhiyah Muashirah, Sidang Itsbat, Pembangunan POB, dan Penerbitan Buku Hisab Rukyat.

Kedua, Subdit Kepustakaan Islam yang memiliki tanggung jawab Pustaka Digital Bimas Islam, Coaching Clinic Penyusunan Naskah Moderasi Islam, Diseminasi Buku dan Naskah Moderasi Islam bagi Pegiat Pustaka dan Pengadaan Buku Berwawasan Moderasi Islam.

Ketiga, Subdit Kemasjidan yang memiliki wewenang terkait Bantuan Masjid/Musholla, Pembinaan SDM Kemasjidan, dan Modernisssi Data dan Layanan Berbasis IT. “Terakhir Subdit Bina Paham Keagamaan Islam dan Penanganan Konflik yang bertanggung jawab selenggarakan Workshop Bina Moderasi Islam bagi Generasi Milenial, Dialog Nasional Keagamaan dan Kebangsaan, dan Roadshow Islam Rahmatan lil Alamin,” jelasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan hingga Kamis (28/11) ini diikuti 55 peserta yang terdiri 30 peserta utusan Kakankemenag, 18 peserta Kanwil Kemenag DIY dan 6 dari pusat. Juga tampak hadir dalam kesempatan ini jajaran Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota, jajaran Kasi pada Bidang Urais dan Binsyar, Kasi Bimas Islam, Penyelenggara Syariah se-DIY. (bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 481

Bagikan