Edukasi Pemanfaatan Digital, Pemilihan Ketua OSIS MTsN 8 Sleman Gunakan E-Voting


Edukasi Pemanfaatan Digital, Pemilihan Ketua OSIS MTsN 8 Sleman Gunakan E-Voting Kepala Madrasah Drs.H.Sigit Sugandono memberikan sambutan dan pengarahan kegiatan Pemilos MTsN 8 Sleman periode 2019/2020
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-11-27 11:20:59

Yogyakarta (MTsN 8 Sleman) – Proses pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS sudah lumrah menerapkan pemilihan langsung. Namun, pemilihan di MTsN 8 Sleman ini tampak istimewa karena dilakukan secara online. Pemilihan yang digelar pada Senin (18/11), tidak menggunakan kertas suara namun cukup menggunakan komputer pada saat menyalurkan hak pilihnya. E-Voting merupakan sistem pemungutan suara berbasis digital, kelebihan pada penggunaan aplikasi E-Voting ini nantinya dapat menghemat penggunaan dana, efisiensi waktu dan tenaga, dan hasil langsung dapat diketahui setelah pemungutan suara selesai. Serta aplikasi ini juga disebut ramah lingkungan karena mengurangi penggunaan kertas yang lumayan besar.

Pemilihan secara online atau kerap disebut e-voting tersebut merupakan upaya pihak madrasah memberikan pembelajaran dan gambaran yang nyata dalam pemanfaatan teknologi dan digitalisasi data kepada para siswa. Kepanitiaan Pemilos diambil dari pengurus OSIS tahun sebelumnya dan dikoordinir oleh Waka Kesiswaan sekaligus Pembina OSIS Dra. Sri Handayani dan Guru BK Drs. Sunu Purnomo, Pemilihan secara online ini merupakan puncak dari rangkaian pemilihan OSIS periode 2019/2020, dimana sebelumnya telah dilaksanakan screening calon pengurus OSIS dan pemaparan visi misi beserta program kerja.

Edukasi Pemanfaatan Digital, Pemilihan Ketua OSIS MTsN 8 Sleman Gunakan E-Voting

Edukasi Pemanfaatan Digital, Pemilihan Ketua OSIS MTsN 8 Sleman Gunakan E-Voting

Edukasi Pemanfaatan Digital, Pemilihan Ketua OSIS MTsN 8 Sleman Gunakan E-Voting

Dalam sambutannya Kepala Madrasah MTsN 8 Sleman Drs.H.Sigit Sugandono menjelaskan kegiatan ini merupakan pembelajaran demokrasi bagi para siswa dan berpesan kepada para siswa untuk mengikuti proses dengan sebaik-baiknya.”Kegiatan Pemilu OSIS merupakan pembelajaran demokrasi yang baik di lingkungan madrasah, memberikan pengetahuan proses Pemilihan Langsung yang di integrasikan dengan pemanfaatan teknologi, nantinya setelah para siswa menginjak usia 17 tahun maka dapat berpartisipasi secara aktif dalam Pemilu Kepala Daerah maupun Presiden” ujarnya. Waka Kesiswaan sekaligus Pembina OSIS Dra. Sri Handayani menambahkan bahwa Pemilos ini dalam rangka melanjutkan pengurus OSIS periode sebelumnya.”Kegiatan Pemilos ini dilaksanakan dalam rangka melanjutkan pengurus OSIS periode 2018/2019, serta untuk pelatihan berorganisasi dan kaderisasi di dalam lingkungan madrasah”ujar Handayani. Hadir pula Bhabinkamtibmas Polsek Prambanan, Aiptu Parwanto yang memberikan wejangan kepada para calon Ketua OSIS agar selalu berkoordinasi dengan pembina OSIS maupun bapak ibu guru dan selalu menjalankan kewajiban dengan penuh rasa tanggung jawab.

Pemungutan suara dilakukan oleh 589 pemilih dengan rincian siswa kelas VII sejumlah 186 pemilih, siswa kelas VIII sejumlah 181 pemilih, siswa kelas IX sejumlah 191 pemilih dan  guru serta karyawan sejumlah 31 pemilih. Pemilihan dilaksanakan di ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) MTsN 8 Sleman. Proses pemilihannya yaitu setiap pemilih dalam satu kelas akan diarahkan ke lokasi pemilihan dan akan menandatangani form kehadiran. Setelah itu kan dipanggil berdasarkan nomor pendaftaran untuk langsung memilih calon Ketua OSIS menggunakan laptop yang telah terinstal aplikasi tersebut. Dalam komputer tertera foto maupun nama dari keempat kandidat layaknya kartu suara. Usai memilih, jari pemilih juga dicelupkan ke dalam tinta sebagai tanda sudah memberikan hak suara. Adapun kandidat Ketua OSIS nya yaitu Narendra Agus Saputra, Marchillo Bima Pramudya, Nina Setyo Wulandari dan Fachri Fauzi. Berdasarkan hasil pemilihan online tersebut, Narendra memperoleh 245 suara atau 41,6 %, Marchillo memperoleh 61 suara atau 10,4%, Nina memperoleh 158 suara atau 26,8% dan Fachri memperoleh 125 suara atau 21,2%.(imm)

Kontributor : MTSN8SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 137

Bagikan