Satgas Layanan Setifikasi Produk Halal DIY Gelar Rakor


Satgas Layanan Setifikasi Produk Halal DIY Gelar Rakor
Kategori : BIDANG/PEMBIMAS
Tanggal : 2019-11-21 23:57:00

Yogyakarta (Inmas DIY) - Satuan Tugas (Satgas) Layanan Setifikasi Produk Halal DIY menggelar Rakor yang berlangsung di Goeboeg Resto, Kamis (21/11). Kegiatan diikuti lima Satgas Kanwil dan masing-masing tiga Satgas kabupaten/Kota. Dalam kesempatan tersebut Ketua Satgas, Hj. Any Nurul Aini, SH melaporkan Rakor bisa terselenggara setelah ada anggaran dari Badan Pelaksana Jaminan Produk Halal (BP JPH) meskipun jumlahnya sangat minim. Meski begitu Ani berharap agar Satgas dapat bekerja secara maksimal.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha, HM, Wahib Jamil, M.Pd yang turut hadir mengungkapkan, untuk melaksanakan sertifikasi porduk halal, sudah dibentuk satgas di tingkat wilayah dan Kabupaten/Kota. Sehingga diharapakan mereka dapat melakukan pelayanan kepada masyarakat melalui layanan PTSP baik di Kanwil maupun di Kantor Kemenag Kabupaten/Kota. Menurutnya karena halal sangat penting dan ke depan sangat mungkin ditangani daerah. "Halal merupakan hal yang sangat krusial, oleh karena itu, untuk sementara segala kewenangan ditangani  BPJPH pusat. Ke depannya, kewenangan diwacanakan akan didelegasikan ke daerah," ungkap Wahib Jamil.

Ia menambahkan pembiayaan terkait pemrosesan halal, saat ini masih menunggu hasil keputusan BPJPH pusat dan pihak terkait, namun demikian, PTSP diharapkan tetap dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya terhadap masyarakat yang membutuhkan pelayanan sertifikat halal. 

Sedangnkan Kabid Urais dan Bisyar, H. Nadhif, M.SI. mengatakan sebagai koordinator satgas, diharapkan satgas harus tetap solid dalam memberikan pelayanan pada masa transisi. "Dalam menyikapi regulasi yang berlaku saat ini, diharapkan untuk melaksanakan koordinasi internal guna mensosialisasikan bahwa sertifikasi halal sudah dilakukan oleh Kemennag. Sehingga  antar satgas harus tetap saling berkomunikasi," tuturnya. [eko/udn]

Kontributor : Eko Triyanto
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 527

Bagikan