Siswa MAN 1 Sleman Ikuti Studi Lingkungan di Situs Purbakala Sangiran


Siswa MAN 1 Sleman Ikuti Studi Lingkungan di Situs Purbakala Sangiran M. Mujiburrahman, S.Hum.,M.Pd menyampaikan presentasi di depan peserta
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-11-21 09:10:44

Sangiran (MAN 1 Sleman) - 203 siswa MAN 1 Sleman lakukan studi lingkungan di situs purbakala Sangiran, Rabu (20/11). Kegiatan ini dilakukan untuk mengenal sejarah kehidupan manusia di masa lampau. Dilihat dari hasil temuannya, Situs Sangiran merupakan situs prasejarah yang memiliki peran yang sangat penting dalam memahami proses evolusi manusia. Selain itu Sangiran merupakan situs purbakala yang paling lengkap di Asia bahkan di dunia.

Sebelum berangkat, Kepala Madrasah  memimpin doa dan berpesan kepada peserta untuk berhati-hati dan memanfaatkan kesempatan studi lingkungan ini untuk mengetahui perkembngan kehidupan manusia. “Ini adalah salah satu kegiatan pembelajaran kolaboratif sejarah dan geografi, semoga kaalian mendapat manfaat yang besar terutama dalam penguasaan materi sejarah dan geografi. Dengan mengunjungi langsung tempat yang dahulu merupakan pusat perkembangan manusia purba diharapkan pemahaman siswa akan lebih kuat," ungkap Ghofur.

M. Mujiburrahman, S.Hum., M.Pd., Edukator Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPS) Sangiran menjelaskan bahwa,  “Menurut sejarah Geologi, daerah Sangiran mulai terbentuk pada akhir kala plestosen. Situs Sangiran terkenal karena mempunyai stratigrafi yang lengkap dan menjadi yang terlengkap di benua Asia, sehingga itu diakui dapat menyumbangkan data penting bagi pemahaman sejarah evolusi fisik manusia, maupun lingkungan keadaan alam purba. Stratigrafi di kawasan situs Sangiran menunjukkan proses perkembangan evolusi dari lingkungan laut yang berangsur-angsur berubah menjadi lingkungan daratan, seperti tercermin dari fosil-fosil yang ditemukan pada masing-masing formasi,” jelas Mujib saat menyampaikan presentasi di depan para siswa.

Dalam kegiatan ini para siswa sangat antusias dan serius mengikuti penjelasan dari edukator, bahkan banyak siswa yang menanyakan tentang keberadaan dan perkembangan manusia purba di situs purbakala Sangiran ini. Siti, salah satu siswa kelas X IIK menanyakan apa yang unik di Situs Purbakala Sangiran. “Di Sangiran bisa mengetahui tentang bagaimana terjadinya evolusi dari generasi ke generasi, perbedaan-perbedaan dari generasi ke generasi, dan perlu diketahui bahwa perubahan ini juga dipengaruhi oleh perubahan teknologi,” jelas Mujib menjawab pertanyaan Siti. (smn)

Kontributor : MAN1SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 66

Bagikan