Upacara Hari Lahir Pancasila, Edhi Berharap Konsisten Realisasikan Pancasila


Upacara Hari Lahir Pancasila, Edhi Berharap Konsisten Realisasikan Pancasila Kakanwil Edhi saat bacakan sambutan
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2019-06-03 09:45:09

Yogyakarta (Inmas DIY) – Upacara peringatan hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2019, digelar di halaman Kanwil Kementerian Agama DIY. Meskipun dilaksanakan setelah memasuki masa libur panjang menjelang lebaran namun seluruh ASN tetap disiplin mengikuti upacara.

Pagi itu, Kepala Kanwil Kemenag DIY Edhi Gunawan yang bertindak selaku inspektur upacara membacakan Sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia. Dalam sambutan tersebut disampaikan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. 

Upacara Hari Lahir Pancasila, Edhi Berharap Konsisten Realisasikan Pancasila

Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional (national pride). Hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuatu  yang terpisah dari momentum perumusan Piagam Jakarta oleh panitia kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945. Intinya, tiga peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

Di akhir sambutannya, Edhi berharap untuk terus  menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. 

Dalam kesempatan tersebut, inspektur upacara juga membacakan teks Pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta upacara. Sementara itu didaulat sebagai pembaca UUD 1945 Kasubbag Informasi dan Humas Ahmad Fauzi dan pembaca doa Kasi Kepenghuluan Bidang Urais Binsyar Nur Ahmad Ghojali.

Selain diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Kanwil Kemenag DIY, upacara peringatan hari lahir pancasila kali ini tampak berbeda, pasalnya sekitar 25 ASN dari luar Kemenag DIY turut bergabung. Bahkan ada seorang pegawai dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan RI juga turut serta. Hal ini untuk menghindari sanksi kedisiplinan seperti yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin pegawai negeri sipil. (tnf)

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : Humas
Dibaca : 170

Bagikan