Ekstrakurikuler Pramuka MTsN 6 Bantul Integrasikan Program Bahasa Inggris


Ekstrakurikuler Pramuka MTsN 6 Bantul Integrasikan Program Bahasa Inggris
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-11-14 09:01:50

Bantul (MTsN 6 Bantul) – Panas terik siang hari tidak mematahkan semangat para anggota pramuka untuk menggelar latihan rutin, Jumat 8/11 di halaman madrasah. Beberapa pohon rindang yang tumbuh meninggi di depan kelas membuat  bayangan yang berfungsi untuk tempat berteduh dari sengatan matahari di siang bolong itu. Tidak seperti latihan biasanya kali ini yang mendampingi adalah para mahasiswa Pasca Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang tergabung dalam Program Pemberdayaan Masyarakat (Prodamat) UAD Yogyakarta. Tujuan dari program ini adalah untuk mengintegrasikan ilmu bahasa Inggris yang  mereka dalami untuk memberdayakan masyarakat terutama warga masyarakat pendidikan.

Sebanyak 184 siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler pramuka mengawali kegiatan kepramukaan dengan mengadakan apel upacara pembukaan yang motori oleh dewan penggalang. Anggota pramuka yang notabenenya adalah siswa kelas VII MTsN 6 Bantul mengikuti prosesi seremonial. Siang menjelang sore mereka kemudian didampingi oleh para mahasiswa pasca sarjana yang terdiri dari lima orang tersebut. Dalam kesempatan itu ketua Prodamat Muhammad Nazaruddin Asyidiq mengawali dengan menyampaikan maksud kedatangannya terkait dengan pelaksanaan program integrasi bahasa Inggris dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka. “Tim kami telah menyiapkan modul pembelajaran bahasa Inggris dalam kegiatan pramuka. Misalnya Dasa Darma Pramuka, instruksi atau aba-aba kepramukaan dalam bahasa Inggris, yel-yel kepramukaan dalam bahasa Inggris dan lain sebagainya”, tandas Nazar.

Selama kurang lebih dua jam mereka berlatih dengan menggunakan bahasa Inggris  mulai dari mengucapkan dasa darma pramuka, berhitung, mempraktekan aba-aba baris berbaris dalam bahasa Inggris. Beberapa kali mereka keliru dalam mengucapkan dan kurang lancar, namun tidak memengaruhi mereka untuk mempraktekkan sampai mampu  mengucapkan dengan baik. Beberapa anggota pramuka yang secara sukarela menunjukkan keberaniannya berbicara dalam bahasa Inggris, mendapatkan hadiah alat tulis dari para mahasiswa semester dua itu.  Untuk  menghilangkan rasa bosan, tim Prodamat memutarkan tarian dengan sederhana yang di pandu oleh anggota prodamat lainya yaitu Nenden dan Asih. Iringan musik yang dilantunkan membuat mereka bergairah dan bersemangat sampai tidak terasa waktu telah menjelang sore.

Pendamping ekstra kurikuler pramuka H. Edhy Supranjono berharap kegiatan seperti ini belum pernah dilakukan, bahkan mungkin selama lebih dari sepuluh tahun, sehingga pihaknya sangat mendukung adanya program yang langsung terjun ke tengah-tengah masyarakat dan manfaatnya langsung bisa dipraktekan oleh para anggota pramuka.(ely)

Kontributor : MTSN6BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 516

Bagikan