Antusiasnya Siswa-Siswi MAN 3 Sleman, Ikuti Pelatihan Penguatan Bahasa Arab


Antusiasnya Siswa-Siswi MAN 3 Sleman, Ikuti Pelatihan Penguatan Bahasa Arab Pelatihan Penguatan Bahasa Arab MAN 3 Sleman
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-11-14 07:57:44

Sleman (MAN 3 Sleman) - Untuk menambah skill dan kemampuan berbahasa Arab, MAN 3 Sleman menyelenggarakan Pelatihan Penguatan Bahasa Arab bagi siswa kelas X dan XI Program Keagamaan (PK) pada Rabu (13/11) di Ruang AVA MAN 3 Sleman. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Waka Humas MAN 3 Sleman, Mucharom, S.Ag., M.Pd.I.

Dalam sambutannya, Mucharom menekankan akan arti pentingnya Bahasa Arab dan mengapa siswa harus mempelajarinya. “Bahasa Arab merupakan ilmu alat untuk menguasai beberapa pelajaran agama di kelas PK. Bahasa Arab menjadi dasar yang harus kalian kuasai agar mudah juga menguasai mata pelajaran keagamaan lainnya,” tegas Mucharom.

Antusiasnya Siswa-Siswi MAN 3 Sleman, Ikuti Pelatihan Penguatan Bahasa Arab

Antusiasnya Siswa-Siswi MAN 3 Sleman, Ikuti Pelatihan Penguatan Bahasa Arab

Antusiasnya Siswa-Siswi MAN 3 Sleman, Ikuti Pelatihan Penguatan Bahasa Arab

Selain itu, Mucharom menambahkan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan matrikulasi kemampuan Bahasa Arab anak-anak PK. Mengingat bahwa muatan kurikulum Bahasa Arab untuk kelas PK lebih banyak dan grade nya lebih tinggi. Selain menempuh Bahasa Arab reguler, mereka juga harus menempuh Bahasa Arab peminatan.

Dalam pelatihan ini, MAN 3 Sleman menghadirkan Maisarah, M.Pd., guru MA Muallimat Yogyakarta dan Bambang Kistanto, M.Pd.I dari MA Hidayatullah Sleman. Kemampuan Bahasa Arab kedua narasumber ini tentu tak diragukan lagi, karena keduanya sama-sama lulusan dari Universitas di Timur Tengah. Selain itu dalam pelatihan ini, kedua pemateri menekankan pada materi silsilah Ta'lim Al Lughah Al Arabiyyah, Direct Metode dan Tathbiq.

Selepas membuka acara, Mucharom memberikan keterangan bahwa fokus pelatihan ini adalah pada penguasaan nahwu atau kaidah Bahasa Arab. “Dan melalui kegiatan ini semoga para siswa khususnya anak-anak PK dapat menjadi generasi Islam yang mencintai Bahasa Arab, karena Bahasa Arab merupakan bahasa agama, Al-Quran dan Hadist,” harap Mucharom. (Ang)

 

Kontributor : MAN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 326

Bagikan