Buka Rakor Persiapan Manasik Madrasah, Kakan Fauzi Pesan Sampaikan Secara Detail


Buka Rakor Persiapan Manasik Madrasah, Kakan Fauzi Pesan Sampaikan Secara Detail Kepala Kankemenag Kulon Progo, H. Ahmad Fauzi, S.H., saat memberikan sambutan pada Rakor Persiapan Manasik Haji Madrasah di Aula Menoreh kantor setempat, Rabu (13/11) pagi
Kategori : KABUPATEN/KOTA
Tanggal : 2019-11-13 10:22:25

Kulon Progo (Kankemenag) – Haji itu ibadah yang berbeda dengan lainnya. Kalau ibadah yang lain ada kurang sempurnanya dalam pelaksanaan, masih ada waktu lain untuk memperbaiki atau menyempurnakan. Namun untuk ibadah haji harus dilaksanakan sesempurna mungkin mengingat regulasi yang berlaku. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H. Ahmad Fauzi, S.H., menegaskan hal itu saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Persiapan Manasik Haji Madrasah yang berlangsung di Aula Menoreh kantor setempat, Rabu (13/11) pagi.

“Pelaksanaan manasik haji harus secara detail disampaikan. Meskipun mungkin karena situasi dan kondisi pelaksanaannya tidak sedetail materi, namun harus diberikan penjelasan yang benar tentang kondisi riil saat ibadah haji. Ini semua karena haji berbeda dengan ibadah yang lain. Regulasi yang berlaku saat ini kemungkinan besar kita hanya bisa melaksanakan haji satu kali,” tegas Kakan.

“Pendaftar minimal berusia 12 tahun. Kalau umur minimal ini langsung mendaftar dengan masa tunggu 25 tahun, artinya dia akan berangkat saat berumur 37 tahun. Usai berangkat haji, kalau mau mendaftar lagi harus menunggu jeda 10 tahun. Umurnya sudah 47 tahun. Nah pada saat itu kalau mau mendaftar lagi, bisa jadi masa tunggu sudah makin panjang lagi,” terang Fauzi.

“Untuk itulah dalam manasik haji nantinya agar para pembimbing memberikan penjelasan sedetail dan serial mungkin,” tegasnya.

“Hal ini tentu berbeda dengan ibadah yang lain. Sebagai contoh shalat, bila gerakan atau bacaannya kurang pas atau kurang sempurna, masih ada waktu nanti atau besok untuk membenahi dan menyempurnakan ibadahnya,” imbuh Kakan.

“Pada saat pelaksanaan manasik nantinya agar ikut melibatkan guru dan karyawan yang pernah berhaji untuk ikut membantu, meskipun tidak termasuk sebagai panitia maupun pembimbing. Tentu hal ini akan sangat membantu,” pesan Fauzi mengakhiri sambutannya.   

Berdasar informasi dari Seksi Pendidikan Madrasah, bahwa kegiatan manasik ini akan berlangsung di Lokasi Manasik Haji PDHI, Parangkusuma, Bantul, Kamis (21/11) mendatang. (abi)

Kontributor : KEMENAGKP
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 233

Bagikan