Pustakawan MAN 3 Sleman Masuk Tim Juri Kreasi Sudut Baca


Pustakawan MAN 3 Sleman Masuk Tim Juri Kreasi Sudut Baca
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-11-11 09:34:54

Sleman (MAN 3 SLeman)—Berdasarkan surat tentang Permohonan Dewan Juri Nomor 1263/III.4.AU125/A/2019 yang ditandatangani oleh Agung Rahmanto, S.H., M.Pd., Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta, Rita Susanti, Pustakawan MAN 3 Sleman yang juga pernah melakukan shorcourse ke Seoul Korea ini berkewajiban untuk melaksanakan tugas sebagai Tim Juri guna melakukan penilaian dalam Lomba Kreasi Sudut Baca sebagai salah satu rangkaian Gebyar Literasi #3 SD Muhammadiyah Sapen.

Visitasi dan penilaian lomba berlangsung selama dua hari, dari Rabu hingga Kamis (6-7/10) yang secara keseluruhan meliputi 53 kelas yang dinilai. Penilaian tidak hanya diperuntukkan bagi kelas di gedung pusat saja, tetapi juga menjangkau semua kelas di sekolah binaan SD Muhammadiyah Sapen yang berlokasi di Pakuningratan, Gowongan, Kraton dan Papringan.

Pustakawan MAN 3 Sleman Masuk Tim Juri Kreasi Sudut Baca

Pustakawan MAN 3 Sleman Masuk Tim Juri Kreasi Sudut Baca

Pustakawan MAN 3 Sleman Masuk Tim Juri Kreasi Sudut Baca

Pustakawan MAN 3 Sleman Masuk Tim Juri Kreasi Sudut Baca

Bersama kelima juri lainnya, Rita melaksanakan visitasi dan penilaian terhadap ke 11 kelas di sekolah binaan dan 39 kelas di Gedung Timur SD Muhammadiyah Sapen. “Ada lima komponen yang harus kami nilai dalam lomba ini, yakni komponen variasi koleksi, ada tidaknya aturan/tata tertib, kenyamanan, kemanfaatan, dan kreativitas. Dan dari keseluruhan kelas yang saya kunjungi, kesemuanya menampilkan pesonanya masing-masing. Setiap kelas memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri,” terang Rita.

“Selain berkreasi melalui fisik sudut bacanya, setiap kelas juga telah menampilkan program-program kegiatan sebagai pemanfaatan koleksinya. Seperti terlihat di kelas Al Farazi, kelas 6 yang telah memiliki berbagai program kegiatan, seperti Tirai Literasi, Tembok Literasi, Tranding Topic Book, dan Digital Mini Library. Visitasi dua hari ini sungguh sangat menginspirasi, semoga dapat menjadi referensi bagi para pelaku literasi yang akan mengelola atau membangun sudut baca sebagai wahana untuk membangun ekosistem sekolah yang berliterasi dan meningkatkan minat baca siswa,” imbuh Rita.

Sementara itu, Anna Nurhayati, S.I.Pust., M.A., Pustakawan SD Muhammadiyah Sapen memberikan keterangan dalam briefing dewan juri bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang telah dilaksanakan untuk yang ketiga kalinya sebagai salah satu rangkaian kegiatan Gebyar Literasi SD Muhammadiyah Sapen. “Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memantik greget minat baca secara massif. Sehingga akan tercipta atmosfer literasi sekolah yang nyata, yang selama ini masih dalam tataran jargon semata,” pungkas Anna. (Rta)

Kontributor : MAN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 2739

Bagikan