Mantapkan Persiapan, Kemenag Gelar Technical Meeting STQH Nasional XXV


Mantapkan Persiapan, Kemenag Gelar Technical Meeting STQH Nasional XXV
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2019-05-30 15:06:44

Jakarta (Inmas DIY) – Dalam rangka menyukseskan STQH Nasional XXV Tahun 2019 di Pontianak Kalimantan Barat, Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag RI mengadakan Technical Meeting dan Penetapan Peserta STQH Tingkat Nasional XXV Tahun 2019. Kegiatan bertempat di Gedung Auditorium HM. Rasjidi Kementerian Agama RI,  Jl. MH. Thamrin No. 6 Jakarta, Rabu (29/5

Kegiatan diawali dengan sambutan Dr. H. Ahmad Juraidi, MA selaku Direktur Penerangan Agama Islam. Dalam sambutannya berharap kegiatan Technical Meeting ini bisa berjalan dengan baik, tertib, aman dan lancar dan peserta yang telah ditetapkan ini merupakan peserta sudah final, yang artinya tidak mungkin lagi ada perubahan/perbaikan. Peserta yang telah disahkan ini dapat mengikuti STQH Tingkat Nasional di Pontianak Kalbar dari tanggal 28 Juni - 6 Juli 2019. Adapun yang disahkan sebagai peserta sejumlah 543 peserta dari 34 Provinsi se-Indonesia. 

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa kegiatan STQ/ MTQ ada rukun dan syaratnya, maka kegiatan Technical Meeting ini merupakan syarat dalam kegiatan STQ Tingkat Nasional.
Kegiatan ini dibuka secara resmi Dr. H. Tarmizi Tohor mewakili Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag RI. Dalam sambutannya ia ingin agar gelaran STQH melahirkan juara-juara yang mampu berkiprah di tingkat internasisonal. “Kami berharap seluruh peserta dan segenap kafilah dapat berprestasi dengan sebaik-baiknya sehingga dapat melahirkan para juara Tilawatil Qur'an baik di Tingkat Nasional dan Internasional," harapnya. Ia juga menyatakan tahun ini adalah merupakan tahun keempat untuk pendaftaran calon peserta MTQ/STQ melalui online dengan aplikasi e-MTQ. Hal ini untuk menghilangkan fitnah dan prasangka. "Dan alhamdulillah dua tahun ini kita telah meraih prestasi yang luar biasa para qori' dan qori'ah yang kami kirim mengikuti kegiatan MTQ di Tingkat Internasional meraih juara pertama," terang Tarmizi.

Kegiatan ini dihadiri oleh para Kepala Kanwil, Kepala Bidang Penais Zawa, Ketua LPTQ dan Admin e-MTQ Provinsi se-Indonesia. Ahmad Subkhi yang mewakili dari Kemenag DIY berharap dengan ditetapkannya para peserta STQ Tingkat Nasional ini, para peserta dan pembimbing dan ofisial/Pendamping Kafilah STQ DIY untuk menyiapkan diri baik segi teknis, mental dan disiplin dalam berlatih agar nanti dalam mengikuti STQ Tingkat Nasional di Pontianak Kalimantan Barat bisa berprestasi terbaik dan membawa nama harum Daerah Istimewa Yogyakarta. DIY insya Allah akan mengikuti Tiga Cabang  yaitu Tilawah sejumlah 8 peserta, Tahfidz sejumlah 6 peserta dan Tafsir Bhs Arab sejumlah 2 orang.

Drs. H. Akhmad Subkhi, M. Pd selaku Kasi Pengembangan SBI, Musabaqoh Al-Qur'an dan Al-Hadits Kanwil Kemenag DIY berharap semoga Kafilah STQ DIY ini terus berlatih sehingga bisa meningkatkan kemampuannya, serta dapat meningkatkan mental juara. "Sebelum berangkat ke Pontianak akan kami adakan kegiatan Pemusatan Pelatihan," ungkapnya.

Semoga Kafilah STQ DIY bisa sukses dan berprestasi terbaik pada STQ Nasional. [sub/eko]

Kontributor : Eko Triyanto
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 454

Bagikan