Pendidikan Karakter di Permainan Gobak Sodor, Ala MAN 4 Bantul


Pendidikan Karakter di Permainan Gobak Sodor, Ala MAN 4 Bantul Peserta Didik MAN 4 Bantul saat melakukan permainan tradisional Gobak Sodor
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-11-08 22:32:29

Bantul (MAN 4 Bantul) – Rangkaian kegiatan Madrasah Ramah Anak sehari belajar di luar kelas di madrasah istimewa MAN 4 Bantul diramaikan dengan berbagai macam permainan tradisional, salah satunya permainan Gobak Sodor Kamis, (7/11). Dipilihnya Permainan tradisional gobak sodor karena, memiliki berbagai hal yang berfaedah. Nilai-nilai karakter dalam permainan gobag sodor tersebut adalah religius, kejujuran, kecerdasan, ketangguhan, kedemokratisan, kepedulian, nasionalisme, kepatuhan, kesadaran hak dan kewajiban, serta tanggungjawab. Nilai religius dalam permainan gobak sodor digambarkan dengan perilaku peserta didik sebelum permaianan, mereka berdoa terlebih dahulu.

Untuk nilai kejujuran dalam permainan gobak sodor disimpulkan dari tindakan jujur peserta didik selama permainan. “Nilai kecerdasan masuk dalam nilai karakter gobak sodor, karena peserta didik dituntut untuk mengambil keputusan secara cepat saat dibutuhkan. Permainan gobak sodor menuntut peserta didik untuk tidak mudah menyerah dan membentuk sikap yang mampu mengatasi hadangan dari lawan atau mencoba menahan lawan yang mencoba untuk melewatinya,” ungkap Kepala MAN 4 Bantul Mohamad Yusuf saat ditemui di ruang kerjanya.

Pendidikan Karakter di Permainan Gobak Sodor, Ala MAN 4 Bantul

Lebih lanjut Yusuf menjelaskan bahwa, unsur kegiatan sehari di luar kelas dalam rangka mensukseskan madrasah ramah anak dipilihlah permainan tradisional gobak sodor yang sekaligus melestarikan kearifan budaya lokal. “Melalui bermain bersama, peserta didik diharapkan mampu mengidentifikasi nilai-nilai karakter dalam permainan gobak sodor tersebut,” jelasnya.

“Pada permainan ini, ada nilai demokrasinya juga karena peserta didik ketika bermain selalu menjunjung tinggi toleransi, yaitu menerima masukan kawan satu tim. Gobak sodor juga mengajarkan untuk menerima kekalahan dalam pertandingan yang jujur dan adil,” kata Yusuf.

Harapan Yusuf selaku Kepala Madrasah, dengan permainan tradisional gobak sodor ini seluruh peserta didik MAN 4 Bantul dapat mengambil nilai positif yang terkandung dalam permainan ini. “Salah satunya melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya serta pembelajaran tentang kerjasana antar tim,” pungkas Yusuf. (ica)

Kontributor : MAN4BANTUL
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 111

Bagikan