Lima S Kunci Sukses Madrasah Ramah Anak MAN 4 Bantul


Lima S Kunci Sukses Madrasah Ramah Anak MAN 4 Bantul Penyambutan Seluruh Peserta Didik MAN 4 Bantul dengan Salam, Sapa, Senyum, Sopan dan Santun
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-11-07 22:34:28

Bantul (MAN 4 Bantul) - Madrasah Aliyah Negeri 4 Bantul melaksanakan belajar di luar kelas dan mendeklarasikan madrasah ramah anak pada hari Kamis, (7/11). Berbagai kegiatan sehari belajar di luar kelas dilakukan untuk mendekatkan diri antara para pendidik dan peserta didik. Adapun kegiatan yang dilakukan sehari belajar di luar kelas ini diawali dengan sarapan sehat bersama, senam Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), berbagai permainan tradisional, kegiatan literasi di luar kelas, memeriksa lingkungan, menyingkirkan tanaman dan barang-barang yang membahayakan peserta didik, kegiatan simbol mematikan lampu, peralatan listrik yang tidak diperlukan dan mematikan kran air yang terbuka, sampai pada simulasi evakuasi bencana dalam gerak dan lagu.

Kepala MAN 4 Bantul Mohamad Yusuf menjelaskan bahwa, kegiatan sehari belajar di luar kelas ini sebagai sebuah bentuk rangkaian kegiatan madrasah ramah anak. Kegiatan yang diawali penyambutan siswa dengan Lima S (Salam, Sapa, Senyum, Sopan dan Santun), dilanjut kegiatan rutin pagi Asmaul Husna, menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya, cuci tangan sebelum sarapan sehat bersama dilanjut do’a sebelum makan.

Lima S Kunci Sukses Madrasah Ramah Anak MAN 4 Bantul

“MAN 4 Bantul insyaallah akan komitmen dalam menjalankan program madrasah ramah anak ini, semoga dengan program ini, moralitas dan akhlakul qarimah para peserta didik dapat terbentuk sejak dini sehingga menjadi karakter bangsa ke depan, “ungkapnya.

Mengawali kegiatan madrasah ramah anak di MAN 4 Bantul dengan menerapkan Lima S untuk menyambut kedatangan peserta didik memasuki lingkungan madrasah telah menjadi kebiasaan yang rutin dilakukan. Adapun tujuannya agar guru-guru lebih mendekatkan diri kepada seluruh peserta didik, begitupun sebaliknya dan juga untuk mengajarkan sopan santun kepada peserta didik serta membentuk karakter akhlak yang mulia.

“Saya selaku Kepala Madrasah mengharapkan agar seluruh guru secara bergantian menyambut peserta didik ketika akan memasuki gerbang madrasah. Dengan senyum yang ramah dari guru ketika menyambut peserta didik memasuki gerbang madrasah, menjadikan peserta didik semangat untuk mengikuti kegiatan belajar,” ungkap Yusuf.

Keberhasilan peserta didik tergantung dari cara kita mendidik dan keinginan yang kuat dari dalam diri peserta didik untuk bisa menjadi yang terbaik. “Jadi disini dibutuhkan kerjasama dari guru dan peserta didik,  jika ingin menjadi pribadi yang lebih baik dan berguna untuk orang lain, serta mempunyai semangat dalam belajar,” kata Yusuf menutup pembicaraan dengan tim Humas MAN 4 Bantul. (ica)

Kontributor : MAN4BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 439

Bagikan