KBM Literasi Siswa MAN 3 Sleman, Sehari Belajar di Luar Kelas


KBM Literasi Siswa MAN 3 Sleman, Sehari Belajar di Luar Kelas
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-11-07 13:51:30

Sleman (MAN 3 Sleman) – Kegiatan Belajar Mengajar biasanya berlangsung di dalam ruang kelas. Namun kegiatan tersebut tidak berlaku untuk hari ini. Dalam rangka memperingati Hari Anak Internasional, siswa MAN 3 melangsungkan KBM di luar kelas. Kegiatan berlangsung di gasebo, panggung terbuka, halaman madrasah dan di Perpustakaan MAN 3 Sleman, Kamis (17/11).

Salah satu KBM yang berlangsung di perpustakaan yaitu mata pelajaran Pengembangan Penalaran dan Minat Baca (PPMB) untuk siswa kelas X di pandu oleh pustakawan MAN 3 Sleman, Nuzul Hidayah Yuningsih, SIP. Mapel PPMB bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa tidak hanya dalam hal membaca dan menulis saja tetapi mulai dari mencari, menemukan dan menyampaikan informasi tersebut kepada orang lain.

KBM Literasi Siswa MAN 3 Sleman, Sehari Belajar di Luar Kelas

KBM Literasi Siswa MAN 3 Sleman, Sehari Belajar di Luar Kelas

Pada pertemuan kali ini siswa diminta untuk melanjutkan tugas minggu yang lalu, yaitu membuat pertanyaan ilmiah sebanyak-banyaknya. Dimana pertanyaan-pertanyaan itu membutuhkan jawaban yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah juga, artinya jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang dibuat itu memerlukan penelitian yang mendalam, terang Nuzul.

Disela-sela KBM, Luthfia Syafitri kelas X IPS 2 mengungkapkan dengan antusias bahwa KBM seperti ini sangat menyenangkan. Saya senang sekali hari ini KBM berada di luar kelas karena suasananya berbeda, tidak membosankan, jika seharian menerima pelajaran di dalam kelas kan jenuh. “Saya berharap KBM semacam ini tidak hanya dilakukan pada hari-hari tertentu saja, tapi setiap hari karena siswa lebih cepat mencerna apa yang disampaikan oleh guru,” ungkap Luthfia.

Sementara itu kegiatan literasi yang berada di gasebo dipandu oleh guru bahasa Indonesia Dra. Rodatun Widayati, M. Pd. yaitu kelas XII IPA 2. Sedangkan kelas XI IPS 2 kegiatan literasi dipandu oleh guru bahasa Indonesia juga Siti Mutmainah, S. Pd., menempati panggung terbuka MAN 3 Sleman.

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Anak Internasional ditutup dengan menyanyikan lagu “Maju tak Gentar” secara serentak di semua tempat kegiatan berlangsung. (Nzl)

Kontributor : MAN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 123

Bagikan