Siapkan Kader, MTsN 4 Gunungkidul Selenggarakan Diklat Kader Kesehatan Remaja


Siapkan Kader, MTsN 4 Gunungkidul Selenggarakan Diklat Kader Kesehatan Remaja Kepala MTsN 4 Gunungkidul, Muhammad Iriyadi tengah memberi sambutan di depan peserta Diklat KKR MTsN 4 Gunungkidul, Rabu (6/11) pagi.
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-11-06 21:45:05

Gunungkidul (MTsN 4 GK) - Bertempat di Gedung MTsN 4 Gunungkidul, sebanyak 30 calon kader kesehatan remaja (KKR) madrasah menerima pendidikan dan pelatihan kesehatan remaja. Acara yang di selenggarakan pada Rabu (6/11), dibuka oleh Kepala MTsN 4 Gunungkidul, Muhammad Iriyadi pada pukul 07.30 WIB. Ia menegaskan pentingnya kegiatan diklat kader kesehatan remaja untuk pelayanan siswa-siswi madrasah. “Diharapkan para kader ini mempunyai kepekaan dalam bertindak baik dari segi pertolongan pada siswa yang sakit maupun tanggap melihat kondisi kebersihan madrasah. Selain itu, agar pelayanan di UKS dan penyediaan bantuan obat dapat dilayani petugas kader remaja ini dengan sigap ”,ungkap Muhammad Iriyadi, dalam sambutannya.  

Arini Nirmala Dewi, selaku koordinator kegiatan ini juga mengatakan, diklat ini merupakan bagian dari program-program bidang kesehatan di madrasah yang bekerjasama dengan pihak-pihak terkait yaitu DInas Kesehatan dalam hal ini Puskesmas kecamatan Wonosari dan Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten Gunungkidul. Tujuan utamanya menciptakan kader kesehatan yang akan membantu program pemerintah maupun madrasah, seperti Screening, pendistribusian tablet tambah darah bagi pelajar putri, dan lain-lain.

Siapkan Kader, MTsN 4 Gunungkidul Selenggarakan Diklat Kader Kesehatan Remaja

Siapkan Kader, MTsN 4 Gunungkidul Selenggarakan Diklat Kader Kesehatan Remaja

Sebagai pemateri pertama adalah Kepala Puskesmas kecamatan Wonosari, Arif Budiyanto, yang memaparkan materi tentang kesehatan reproduksi remaja meliputi seputar masa pubertas, organ reproduksi, pernikahan dan seks pra nikah.  Selain itu, ia juga memberi penjelasan tentang macam penyakit pada anak serta membimbing cara pemeliharaan tanaman obat-obatan (TOGA). Sementara pemateri sesi kedua adalah Tri Wahyudi, anggota dari Markas PMI Gunungkidul yang memberi materi seputar dasar-dasar dan cara Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Sementara Waka Kesiswaan, Dedy Mustadjab mengungkapkan, bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program unit kesiswaan bidang layanan kesehatan remaja dan UKS. “ Tiap tahun, kita mengadakan pemilihan calon kader dari jenjang kelas bawah sampai atas. “ jadi masing-masing kelas mengirim wakilnya sebanyak 2 kader kesehatan remaja, agar dapat mengatasi permasalahan kesehatan di kelas atau membantu teman yang satu kelas sedang sakit.  ”, tutur Dedy Mustadjab. Diharapkan para kader kesehatan remaja bisa membantu teman-temannya yang lain jika mengalami gangguan kesehatan di madrasah, minimal mereka mengetahui langkah yang harus dilakukan,“ imbuhnya, setelah acara berlangsung. (cwp)

Kontributor : MTSN4GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 398

Bagikan