Kahoot, Asyiknya Belajar Bahasa Inggris di MTsN 6 Bantul


Kahoot, Asyiknya Belajar Bahasa Inggris di MTsN 6 Bantul Para siswa gembira menunjukkan kemampuan mereka menjawab soal UN Bahasa Inggris
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-11-05 22:59:42

Bantul (MTsN 6 Bantul) – Suara riuh dan teriakan gembira menggema di sebuah kelas paling barat dekat mushola. Rupanya mereka asyik mengerjakan soal dengan cara unik yakni menjawab pertanyaan lewat telepon genggam. Meskipun tidak semuanya membawa, namun ada 12 telepon genggam yang gunakan untuk belajar dengan cara berkelompok. Mereka sangat asyik memainkan telepon genggam yang digunakan untuk menjawab soal-soal Ujian Nasional Bahasa Inggris. Selasa 5/11 guru bahasa Inggris mereka membolehkan sejumlah 33 siswa yang menduduki kelas IX F membawa telepon selular hanya untuk pembelajaran bahasa Inggris. Waka Kurikulum MTsN 6 Bantul, Siti Kiswatun mengungkapkan para siswa diperboehkan membawa gawainya asalkan untuk kepentingan pembelajaran dan pada saat tidak digunakan, gadget tersebut disimpan oleh guru pendamping.

Dengan berpedoman pada materi yang terdapat pada standar kelulusan (SKL) bahasa Inggris soal-soal itu kemudian diolah menjadi sebuah permainan yang berbasis jaringan internet. Para siswa sangat antusias dan gembira memainkan tahap demi tahap permainan daring tersebut. Soal yang biasanya terkesan normatif, membuat bingung, sulit dan seabreg stigma yang melekat padanya, kini menjadi sebuah menu yang mengasyikan layaknya makanan lezat yang memberikan kepuasan.  Salah seorang siswa mengatakan belum pernah belajar dengan cara yang memikat ini. “saya sangat menikmati soal-soal yang ditayangkan lewat layar proyektor, di tambah lagi boleh membawa HP meskipun digunakan hanya pada saat pembelajaran”, ujar Fatih, salah satu siswa kelas IXF itu.

Kahoot, Asyiknya Belajar Bahasa Inggris di MTsN 6 Bantul

 Permainan edukatif Kahoot adalah sebuah website di internet yang dapat menghadirkan suasana kuis yang meriah dan heboh ke dalam kelas. Dengan bermain Kahoot ini pembelajaran menjadi sangat menyenangkan dan membuat para peserta didik tidak bosan mengikuti pembelajaran yang sangat sulit dimengerti. Permainan  Kahoot ini sangat memerlukan koneksi internet itulah syarat utamanya. Karena kuis atau pertanyaan yang tersedia dan dibuat menggunakan kahoot hanya bisa dimainkan secara online. Namun ada kelebihanya yaitu sangat menariknya, kuis ini tidak hanya bisa dijalankan melalui PC, namun bisa dengan smartphone-pun bisa dengan syarat yang sama, bisa internet atau online. Kahoot terbagi menjadi dua yaitu untuk peserta dan untuk adminnya.

Dalam proses pembuatan kuis, creator dapat menambahkan soal, altenatif jawaban, menentukan jawaban yang benar, dan pengaturan lain yang diperlukan. Setiap kuis yang dibuat secara otomatis tersimpan pada akun kahoot, jadi dapat melihat kuis yang telah dibuat sebelumnya. Setelah kuis selesai dibuat, dapat memainkan kuis di dalam kelas. Kuis yang akan dimainkan di dalam kelas diidentifikasi dengan sebuah PIN. Sebelum siswa mulai menampilkan kuis, anda harus mempublikasikan PIN terlebih dahulu, selanjutnya siswa dapat memainkan kuis baik secara individual maupun berkelompok melalui situs https://kahoot.it/ dan memasukkan PIN yang telah diberikan.Selama kuis berjalan, seorang admin dalam hal ini guru pendamping memegang kontrol penuh terhadap kuis. Guru dapat mengatur kapan soal akan ditampilkan. Pada akhir kuis, kahoot menampilkan hasil dari kuis, dan kamu dapat melihat skor perolehan yang dikumpulkan oleh siswa atau kelompoknya. (ely)

Kontributor : MTSN6BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 632

Bagikan