Asyiknya Belajar Memasak di Pramuka MAN 3 Sleman


Asyiknya Belajar Memasak di Pramuka MAN 3 Sleman Kegiatan Memasak Pramuka MAN 3 Sleman
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-11-04 12:34:02

Sleman (MAN 3 Sleman) - Sekolah merupakan sebuah sarana untuk menunjang pendidikan, dimana dengan bersekolah dapat memperluas pengetahuan dan mempelajari berbagai hal, mulai dari berhitung, menghafal, sampai belajar untuk disiplin. Kadang kegiatan tersebut membuat jenuh dan bosan, apalagi di jam belajar mengajar yang sampai sore membuat kegiatan belajar mengajar di sekolah semakin membuat siswa tidak nyaman di sekolah.

Untuk mengantisipasi kejenuhan dalam belajar di sekolah tersebut, gugus depan Sleman 06.071 – 06.072 pangkalan MAN 3 Sleman Raden Patah – Raden Ajeng Kartini mengadakan alternatif kegiatan yang bersifat refreshing edukatif yaitu memasak bersama. Kegiatan ini dilaksanakan, Sabtu (2/11) pada saat ekstra pramuka di Multi Purpose Room MAN 3 Sleman dan diikuti oleh seluruh siswi kelas XI. Dalam kegiatan ini Pramuka MAN 3 Sleman mendatangkan pemateri seorang Mahasiswa dari Fakultas Teknik Prodi Tata Boga UNY yang juga merupakan alumni MAN 3 Sleman.

Asyiknya Belajar Memasak di Pramuka MAN 3 Sleman

Lumpia! Dipilih sebagai makanan yang akan dimasak pada kegiatan memasak bersama ini. Lumpia sendri terdiri dari lembaran tipis tepung gandum yang dijadikan sebagai pembungkus isian yang umumnya adalah rebung, telur, sayuran segar, daging, atau makanan laut. Di Indonesia, lumpia dikenal sebagai jajanan khas Semarang. 

Kegiatan ini dimulai dengan upacara pembukaan dilanjutkan, pengarahan dari pemateri dan dengan proses memasak bersama yang dibagi menjadi beberapa  kelompok. Peserta terlihat begitu antusias mengikuti, semua berperan seperti mempersiapkan bahan, alat, menyiapkan bumbu dan sebagainya. Dan begitu matang, lumpia tersebut dimakan bersama-sama dengan suasana kebersamaan yang begitu hangat.

Failasuffah. M.Pd.I selaku Pembina Pramuka MAN 3 Sleman dalam sambutannya mengungkapkan pesan-pesannya kepada peserta pramuka. “Dengan adanya pramuka peminatan ini, diharapkan pramuka MAN 3 Sleman tidak menjadi kegiatan yang menjenuhkan, membosankan, namun menjadi kegiatan yang mengasyikan dan bisa menjadi kegiatan yang dapat mengembangkan bakat anak-anak semuanya," terang Faila. (Ang)

Kontributor : MAN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 333

Bagikan