Menag Minta Umat Buddha Hadirkan Kedamaian dalam Pembangunan Bangsa


Menag Minta Umat Buddha Hadirkan Kedamaian dalam Pembangunan Bangsa Foto: Sugito
Kategori : INFORMASI
Tanggal : 2019-11-01 13:31:56

Jum'at, 01 November 2019 11:10 WIB

Jakarta (Kemenag) ---  Menteri Agama Jenderal (Purn) Fachrul Razi meminta umat Buddha untuk senantiasa menghadirkan kedamaian dalam proses pembangunan bangsa. Hal ini perlu dilakukan, karena umat Buddha merupakan bagian dari umat beragama yang memiliki peran dan tanggung jawab menjaga keberlangsungan bangsa Indonesia. 

Permintaan ini disampaikan Menag saat menerima Dewan Pimpinan Pusat Perwakilan Umat Buddha Indonesia (DPP WALUBI), di Kantor Kementerian Agama, Jakarta. “Sebagai umat beragama kita masing-masing memiliki tanggung jawab untuk bangsa kita. Pak Jokowi banyak melakukan upaya-upaya terobosan, dalam rangka mempercepat pembangunan kali ini. Dan kita upayakan untuk terus membangun bersama, dengan menjaga kedamaian bangsa ini,” ujar Menag, Jumat (01/11). 

Menag Fachrul Razi menyampaikan apresiasinya atas peran pemuka agama Buddha selama ini yang ia anggap telah mampu menjadi figur yang membawa kedamaian. “Kalau melihat Suhu-Suhu itu suasananya lebih tenang. Lebih damai. Kalau ada keributan-keributan misalnya, kemudian hadir seorang Suhu. Ga usah ngomong, tapi sudah ada Suhu di situ aja, orang pasti berpikir ada yang salah nih. Kemudian damai kembali,” kata Menag. 

Turut mendampingi Menag dalam pertemuan tersebut, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakan Buddha Caliadi, jajaran eselon II Bimas Buddha, serta Kabag TU Pimpinan Khoirul Huda. 

Sementara, Ketua Umum WALUBI Siti Hartati Murdaya memanfaatkan kesempatan pertemuan dengan Menag kali pertama ini untuk mengenalkan pimpinan – pimpinan organisasi yang tergabung dalam WALUBI. Kepada Menag, Siti Hartati Murdaya menjelaskan bahwa WALUBI terdiri dari berbagai Majelis-Majelis Agama Buddha, Lembaga Keagaman Buddha, Dewan Sangha, Badan Kehormatan dan Wadah Kemasyarakatan yang bernapaskan Agama Buddha. 

“Saya berharap suatu saat Pa Menteri bisa menengok langsung kepada masing-masing organisasi yang ada. Ini untuk memberikan semangat kepada umat, agar mereka juga memiliki rasa kebangsaan yang baik disamping nilai-nilai ibadah spiritual,” ujar Hartati Murdaya.

Kontributor : MAGANG
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 277

Bagikan