Cegah Penyimpangan, Itjen Turun Tim Audit BOS di Sumsel


Cegah Penyimpangan, Itjen Turun Tim Audit BOS di Sumsel Dalnis Tim Audit BOS di Sumsel, Rait Gustardi (Foto: Inmas Kemenag)
Kategori : INFORMASI
Tanggal : 2019-11-01 11:51:01

Sumsel, [ItjenNews] - Untuk kesekian kalinya Inspektorat Jenderal Kementerian Agama menerjunkan tim audit kinerja program Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Sasaran audit, antara lain, Madrasah Negeri dan Swasta di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Empat Lawang dan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

Pengendali Teknis yang membawahi 2 tim tersebut Rait Gustardi, menegaskan audit kinerja BOS ini dilakukan untuk menilai dan mengevaluasi program BOS tahun anggaran 2018.

"Kita ingin mengevaluasi, apakah program BOS tahun anggaran 2018 sudah sesuai ketentuan ataukah belum. Jika ternyata nanti ada kelemahan dan potensi penyimpangan, maka itu akan jadi bahan evaluasi perbaikan di masa mendatang," papar Rait saat entry briefing di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Empat Lawang, Senin (18/2/2019).

Ia menjelaskan, ukuran capaian keberhasilan dan kekurangan kinerja program BOS diukur dari 5 indikator. "Kita mengukur dari beberapa indikator, yaitu tepat jumlah, tepat sasaran, tepat waktu, tepat guna, dan tepat administrasi," terangnya.

Dia berharap, seluruh Satker bisa proaktif dan dapat bekerjasama menghadirkan dokumen-dokumen pertanggung jawaban pelaksanaan BOS 2018. "Supaya waktu yang ada bisa efektif kita gunakan sebaik mungkin," tambahnya.

Rencananya, di akhir pelaksanaan audit kinerja BOS nanti dijadwalkan akan ditutup dengan ekspose. Tim audit akan memberikan hasil skor audit sesuai dengan kondisi dan fakta-fakta yang dijumpai di lapangan.

 

Kontributor : Moh. Anshari
Redaktur/Editor : Nurul Badruttamam/Fajar Harnanto

Kontributor : MAGANG
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 158

Bagikan