JURMA MAN 3 Sleman Selenggarakan Pelatihan Penulisan Berita


JURMA MAN 3 Sleman Selenggarakan Pelatihan Penulisan Berita
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-11-01 11:27:30

Sleman (MAN 3 Sleman)—Dalam rangka mengembangkan segenap potensi, bakat dan minat serta kemampuan dalam bidang kepenulisan maka pada Kamis (31/10) Jurnalistik MAN 3 Sleman (JURMA) MAYOGA menyelenggarakan pelatihan Pelatihan Penulisan Berita dengan mengundang Brama Aji Putra, Pranata Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY di Ruang Baca Perpustakaan MAYOGA, Jl. Magelang Km. 4 Sinduadi Mlati Sleman.

Selain anggota JURMA yang hadir dalam kegiatan tersebut, tampak pula para siswa yang tergabung dalam Mayoga Books Lover (MBL) dan juga guru pegawai Tim Kehumasan dan Tim Berita MAN 3 Sleman, yang secara keseluruhan berjumlah 50 orang.

JURMA MAN 3 Sleman Selenggarakan Pelatihan Penulisan Berita

JURMA MAN 3 Sleman Selenggarakan Pelatihan Penulisan Berita

JURMA MAN 3 Sleman Selenggarakan Pelatihan Penulisan Berita

Materi pelatihan yang diberi judul “Merasakan Keberkahan Menulis Berita” mampu membuka mata hati peserta pelatihan, bahwa dengan tulisan ternyata mampu menembus batas kemustahilan. Seperti yang dikisahkan oleh Brama, bahwa dengan bermodalkan pada kemampuan menulisnya, Brama berhasil lolos menjadi Tim Media Haji Center (MHC), wartawan peliput haji di tanah suci selama 61 hari lamanya. Kenyataan itulah yang semakin menguatkan keyakinannya bahwa “Kesuksesan adalah hak setiap orang”.

Selain memotivasi peserta untuk senantiasa istiqomah dalam menulis, Brama juga memberikan tips dan trik bagaimana menulis berita yang baik dan segar. Menurutnya, sebuah berita yang baik selain memenuhi unsur-unsur berita, ada lima hal yang harus diperhatikan, yakni consequences atau magnitude, human interest, prominence, proximity, dan timelines.

Sementara itu, Mucharom, S.Ag., M.Pd.I, Wakil Kepala Humas MAN 3 Sleman dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih yang tiada terhingga kepada narasumber, Brama Aji Putra, karena ditengah-tengah kesibukan beliau masih berkenan hadir menyempatkan waktunya untuk kembali memotivasi kita semua agar mau dan mampu menulis. “Beliau adalah penulis yang handal, selain ahli dalam menulis berita di media, Pak Bram juga seorang penulis buku yang hingga kini karyanya sudah banyak sekali. Maka mari kita belajar dari beliau” tegas Mucharom.

Dan sebelum mengakhiri materinya, Brama Aji Putra memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bapak dan Ibu tim penulis berita MAN 3 Sleman, “Yakinlah bahwa itu bukanlah sebuah pengorbanan, namun sebuah kehormatan bagi Bapak dan Ibu sekalian. Akan ada hikmah indah dibalik semuanya. Menurut saya, menulis itu bisa menjadi jalan keluar yang baik untuk senantiasa menggali potensi diri secara terus menerus dan akan menjadi jalan bagi kita untuk belajar” pungkas Brama. (Rta)

Kontributor : MAN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 224

Bagikan