PIGP CPNS MAN 3 Sleman: Belajar Menjadi Guru Profesional


PIGP CPNS MAN 3 Sleman: Belajar Menjadi Guru Profesional
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-11-01 11:14:33

Sleman (MAN 3 Sleman)--Awal tahun ajaran baru 2019/ 2020, MAN 3 Sleman kedatangan 7 orang guru CPNS baru, 3 orang di antaranya murni sarjana ilmu Pengetahuan dan tidak mempunyai sertifikat pendidik. Sehingga diperlukan pendampingan yang intensif agar memahami tupoksinya sebagai seorang guru yang profesional.

“Ide Program Induksi Guru Pemula (PIGP) yang digagas oleh para pengawas Kemenag se DIY dipandang sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas guru pemula  yang berjumlah 98 orang di Sleman dan 292 orang se-DIY. Guru Pemula akan didampingi guru pembimbing selama 1 tahun kedepan untuk belajar menjadi seorang guru professional. Guru professional harus bisa membuat perencanaan pembelajaran dengan baik, melaksanakan proses pembelajaran dengan baik, dan juga melakukan penilaian dengan baik,” tandas Charisatuniswah, M.Pd., Pengawas MAN 3 Sleman, saat menyampaikan materi PIGP di ruang baca Perpustakaan MAN 3 Sleman, Kamis (30/10)

PIGP CPNS MAN 3 Sleman: Belajar Menjadi Guru Profesional

PIGP CPNS MAN 3 Sleman: Belajar Menjadi Guru Profesional

Acara PIGP diikuti oleh guru pemula MAN 3 Sleman dan juga guru senior yang ditugaskan sebagai guru pembimbing. Hadir di acara tersebut, kepala MAN 3 Sleman, Nur Wahyudin Al-Aziz, S.Pd. dan Waka Kurikulum, M. Thoha, M.Pd.Si. Terlihat wajah-wajah khawatir sekaligus penuh harap para guru pemula, saat disampaikan bahwa PIGP ini akan sangat menentukan masa depan mereka. Saat dinyatakan lulus PIGP, mereka akan memperoleh SK Fungsional guru, sekaligus berhak mendapatkan tunjangan fungsional guru.

Ibu Charis juga menjelaskan, “Ada tiga tahapan penilaian yang harus diikuti guru pemula selama 1 tahun ini agar lulus PIGP. Penilaian itu meliputi keseluruhan kompetensi yang harus dimiliki seorang guru, yaitu kompetensi Spiritual, Sosial, Pedagogik, dan juga Profesioanal,” tuturnya. Di samping itu, ia juga menegaskan bahwa guru pemula baru dinyatakan lulus jika mendapatkan nilai minimal 76.

Sementara itu, saat memberikan sambutan, Nur Wahyudin Al-Azis, yang juga seorang motivator ulung, memotivasi para guru pemula agar mengikuti PIGP dengan sebaik-baiknya. ia yakin, guru pemula MAN 3 adalah CPNS yang berkualitas.

“Saya yakin dengan kualitas guru CPNS MAN 3 Sleman yang hebat-hebat, akan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan MAN 3 Sleman, dan Sleman akan lulus PIGP 100 persen. ” tandas Azis optimis.

Apalagi salah satu guru pemula MAN 3 Sleman, M. Taufikurohman, S.Ag., sudah terbukti memiliki prestasi tingkat Nasional, bahkan pernah menjadi Imam Masjid di Jepang selama 3 bulan, Juara 1 Tafsir bahasa Inggris pada MTQ Kabupaten Sleman pada Sabtu (26/10), dan saat ini tercatat sebagai salah satu penulis buku teks mata pelajaran  Tafsir tingkat Nasional yang digagas oleh Kemenag RI. (Ima)

Kontributor : MAN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 777

Bagikan