Tampilkan Hadrah sebagai Sesi Pembukaan, Pentas Seni MTs N 5 Kulon Progo Berlangsung Meriah


Tampilkan Hadrah sebagai Sesi Pembukaan, Pentas Seni MTs N 5 Kulon Progo Berlangsung Meriah Para siswa menampilkan seni hadrah dalam sesi pembukaan pentas seni MTs Negeri 5 Kulon progo
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-11-01 10:59:32

Hadrah adalah suatu kesenian dalam bentuk seni tari dan/atau nyanyian yang bernafaskan Islam disertai dengan alunan rebana. Biasanya, hadrah digunakan untuk menyemarakan acara-acara yang sedang berlangsung. Di Indonesia bila disebut istilah hadrah perhatian orang akan tertuju kepada sebuah bentuk kesenian dengan menggunakan alat-alat musik tepuk yang memiliki hiasan kerincing logam di sekitar bingkainya, dibuat dari papan kayu yang dilobangi ditengahnya, dan pada salah satu sisinya dipasang kulit kambing tipis yang telah disamak yang dikenal dengan nama rebana atau terbangan di Jawa.

Lagu-lagu terbang hadrah tidak selalu syairnya bershalawat tetapi ada juga syair lagu yang sifatnya memberi nasihat. Misalnya lagu Ya Rosul, merupakan lagu berbahasa Arab dan syairnya shalawat. Lagu terbang hadrah yang berjudul kisah Rasul merupakan lagu berbahasa Indonesia, sedangkan lagu Padang Bulan merupakan lagu terbang hadrah yang menggunakan bahasa Jawa dan bersifat memberi nasihat. Melodi lagu dalam musik terbang hadrah menggunakan tangga nada diatonis minor artinya lagu-lagu dalam musik terbang hadrah menggunakan tangga nada diatonis seperti musik modern, sehingga mudah dipahami.

Tampilkan Hadrah sebagai Sesi Pembukaan, Pentas Seni MTs N 5 Kulon Progo Berlangsung Meriah

Tampilkan Hadrah sebagai Sesi Pembukaan, Pentas Seni MTs N 5 Kulon Progo Berlangsung Meriah

Jum’at, 25 Oktober 2019, MTs N 5 kulon Progo mengadakan Pentas Seni sebagai MTs N 5 KP untuk menyemarakan Hari Amal Bakti yang ke-26. Acara ini dimanfaatkan bagi siswa-siswa sebagai ajang untuk menampilkan bakat mereka, tk terkecuali para pemain hadrah. Bakat mereka telah diasah selama mereka mengikuti ekstrakurikuler hadrah. Terdiri dari 16 orang dengan 2 memegang gerinci, 2 orang memegan tikah, 2 orang memegang jimbe, 2 orang memegang tam tam, 2 orang memegang golong, dan  bass hadrah oleh 1 orang, serta vocal diisi oleh 5 orang, mereka dengan semangat tampil di atas panggung di depan teman-teman, guru dan karyawan.

Segenap guru, karyawan, serta siswa-siswi terlihat antusias melihat pertunjukkan Hadrah yang ditampilkan selama sesi pembukaan pentas seni. Mereka terlihat begitu menikmati alunan musik rebana dan nyanyian dari para penampil Hadrah. Tepuk tangan menggema sebagai bentuk apresiasi penonton ketika penampilan Hadrah selesai di tampilkan.

Sorak-sorai penonton memeriahkan pembukaan pentas seni, dari tepuk tangan hingga acungan jempol. Pentas seni pun berlangsung meriah dan dinikmati oleh keluarga besar MTs Negeri 5 Kulon Progo.

Kontributor : MTSN5KP
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 2685

Bagikan