Bidang Urais dan Binsyar Tingkatkan Kemampuan Menulis Ilmiah Penghulu


Bidang Urais dan Binsyar Tingkatkan Kemampuan Menulis Ilmiah Penghulu
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2019-11-01 08:29:41

Yogyakarta (Inmas DIY)—Menulis menjadi momok bagi Jabatan Fungsional Tertentu (JFT). Bahkan tak terkecuali penghulu ketika mengumpulkan angka kreditnya. “Penghulu harus memiliki kompetensi dalam penulisan karya tulis Ilmiah,” tandas Kasi Kepenghuluan Kemenag DIY, Dr. H. Nur Ahmad Ghojali, dalam pembukaan kegiatan Peningkatan Potensi Penelitian dan Penulisan Karya Tulis ilmiah Kepenghuluan.

Kegiatan yang digelar Kamis (31/10) di Ruang Rapat 3 Kanwil Kemenag DIY diikuti 45 penghulu dari Kabupaten/Kota se-DIY. Menurut Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar), H. Nadhif MSi, bahwa DIY sudah terlanjur terkenal di tingkat Nasional dengan meraih juara 1 LKTI Nasional tahun 2019. “Hal ini menjadi tantangan tersendiri, karena tidak ingin yang baik hanya satu orang, tapi bisa berimbas pada penghulu lainnya,” tegas Nadhif.

Kedepan kegiatan penulisan dilakukan secara in out in. “In maksudnya mereka yang sudah memiliki makalah atau proposal diundang untuk mendapatkan pembinaan dan pendampingan dalam penulisan awal, kemudian out, peserta mencari bahan, melakukan penelitian dan menuangkannya dalam tulisan, selanjutnya in lagi untuk mengumpulkan hasilnya dan dikoreksi oleh narasumber yang berkompeten sehingga menghasilkan tulisan yang bagus untuk diterbitkan jurnal dan juga mengikuti lomba,” jelasnya panjang lebar.

Bertindak sebaga narasumber kegiatan Dr Adib Shofia dan Dr Ening Herniti dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan menghadirkan Sabit Mustamil juara 1 Lomba LKTI Nasional tahun 2019 yang berbagi pengalaman ketika mengikuti lomba di Jakarta.

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 414

Bagikan