Siswa MTsN 8 Sleman Semarakkan Jelajah Budaya ke-15 BPCB – Kwarda DIY 2019


Siswa MTsN 8 Sleman Semarakkan Jelajah Budaya ke-15 BPCB – Kwarda DIY 2019 SIswa MTsN 8 Sleman dalam kegiatan Jelajah Budaya ke-15
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-31 20:59:20

Yogyakarta (MTsN 8 Sleman) – Sebanyak sepuluh siswa  MTsN 8 Sleman mengikuti Jelajah Budaya ke-15 yang diselenggarakan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta pada Ahad (27/10). Jelajah Budaya kali ini mengambil tema “Melestarikan Cagar Budaya, Merawat Kebhinekaan Budaya Bangsa.” Kegiatan ini diikuti oleh Pramuka Penggalang perutusan Kwartir Cabang se-DIY dan Gugus Depan Binaan BPCB dengan jumlah 250 orang yang terbagi dalam 50 kelompok dengan komposisi tiap kelompok terdiri dari lima orang Pramuka Penggalang.

Kontingen MTsN 8 Sleman diwakili oleh sepuluh Pramuka Penggalang yaitu M Bagus S, Fachri Fauzi, Marchillo Bima Pramudya, Pandu Girindra, M Farkhan Habibi, Aliya Muhimmatur R, Hanna Naesyila Savira, Melati Dies Assifa, Rida Ayu Puspitasari dan Melani Kurnia Shaffia, dengan guru pendamping sekaligus Kakak Pembina Pramuka MTsN 8 Sleman Dra. Hartini dan Nizar Zulmi.

Siswa MTsN 8 Sleman Semarakkan Jelajah Budaya ke-15 BPCB – Kwarda DIY 2019

“Dalam kegiatan Jelajah Budaya peserta menempuh jarak sejauh lebih kurang 7 kilometer. Rute perjalanan Jelajah Budaya akan singgah di beberapa bangunan warisan budaya,” ujar Hartini. Sebelum memulai kegiatan tiap kelompok diharuskan mengunduh aplikasi “my track” dan mencari rute dengan judul “jelajah budaya penggalang 2019” melalui perangkat telepon genggam.

Berdasarkan penulusuran aplikasi tersebut, rute akan diawali dari Candi Prambanan kemudian ke arah barat menuju Candi Sari dan menuju ke wilayah Candi Kedulan. Rangkaian kegiatan Jelajah Budaya diawali dengan upacara pembukaan yang terletak di candi Prambanan, yang dilanjutkan dengan penjelajahan cagar budaya yang meliputi ceramah atau dialog budaya dan pemaparan situs sejarah. Seluruh peserta juga melakukan bakti lingkungan hidup dengan penanaman pohon dan pelepasan satwa. Ada beberapa kegiatan giat prestasi yang dilakukan peserta di bangunan cagar budaya di sepanjang perjalanan menyusuri rute Jelajah Budaya antara lain fotografi, pembuatan vlog, pembuatan karya tulis bentuk Feature, yel–yel kebangsaan, dan pemilihan regu terbaik dan regu favorit.

Kegiatan Jelajah Budaya ini bertujuan untuk membangun kesadaran generasi muda untuk dapat terus melestarikan budaya dalam bingkai kebhinekaan, dan diharapkan dengan keikutsertaan siswa sisiwi MTsN 8 Sleman akan memberikan ilmu dan juga pengalaman yang bermanfaat bagi kemajuan gerakan Pramuka gugus depan MTsN 8 Sleman. (imm)

Kontributor : MTSN8SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 261

Bagikan