Itjen-BPKP Kolaborasi Verifikasi Tukin Guru PNS


Itjen-BPKP Kolaborasi Verifikasi Tukin Guru PNS Tim Verval Itjen pada Kanwil Kementerian Agama Jawa Barat melakukan entry briefing bersama BPKP Perwakilan Jawa Barat
Kategori : INFORMASI
Tanggal : 2019-10-31 15:22:33

Jakarta (ItjenNews) - Inspektorat Jenderal Kementerian Agama bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melakukan join verifikasi dan validasi tunggakan tunjangan kinerja guru PNS madrasah secara serentak pada Kanwil Kementerian Agama seluruh Indonesia, Senin (25/02).

Tim Verifikasi dan Validasi (Verval) Itjen mulai bertugas terhitung sejak Senin (25/2), dengan jangka waktu penugasan bervariatif pada masing-masing tim. Tugas verval ini berfokus pada pendataan selisih jumlah tunggakan tunjangan kinerja guru PNS madrasah yang bakal dihitung sejak periode tahun 2015 sampai 2018.

Adapun jumlah guru PNS madrasah penerima tunjangan kinerja yang akan diverifikasi berjumlah sekitar 84.277 guru yang tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia. Data jumlah guru tersebut bersumber pada data tahun 2017.
Secara teknis, mengingat begitu banyak jumlah guru yang berkasnya akan diverifikasi selama rentang waktu 2015-2018, maka antara BPKP dan Itjen berbagi tugas pada masing-masing wilayah.

Dalam skema rencana kerja yang dijadwalkan, Itjen bakal menerjunkan 125 auditor yang bertugas melakukan verval, sementara BPKP menugaskan sekitar 154 auditor. Total jumlah kekuatan auditor dari dua instansi tersebut berjumlah 279 verifikator.

Batas waktu penyelesaian tugas verval tunggakan tunjangan kinerja guru PNS ini sangat pendek. Diharapkan Maret 2019 validasi data segera rampung. Sehingga ditargetkan pada awal April 2019, tunggakan tunjangan kinerja tersebut sudah bisa dicairkan, segera setelah data verval dinyatakan clear. 

 

Kontributor: Moh. Anshari
Redaktur: Nurul Badruttamam

Kontributor : MAGANG
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 553

Bagikan