Pemilos MAN 1 Sleman, Media Pengenalan Demokrasi


Pemilos MAN 1 Sleman, Media Pengenalan Demokrasi
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-31 14:45:04

Sleman (MAN 1 Sleman) - MAN 1 Sleman menggelar pemilihan ketua OSIS (pemilos) masa bakti 2019-202., Kegiatan yang digelar di ruang laboratorium Biologi dirancang sebagaimana pemilihan umum (Pemilu)  presiden dan wakil presiden. Mulai pendataan calon pemilih, penetapan daftar pemilih tetap hingga sampai pada tahap pemilihan yang berlangsung hari ini, Kamis (31/10).

Sebelum mencoblos, siswa nampak mengantre untuk menyerahkan undangan. Setelah menyerahkan undangan, para siswa menunggu panggilan untuk mendapatkan surat suara. Selanjutnya kartu suara yang sudah ditandatangani ketua KPPS berisi foto kandidat dibawa ke bilik suara untuk pilih salah satu dengan mencoblos pada bagian foto salah satu kandidat.  Setelah mencoblos, siswa melipat surat suara seperti semula. Selanjutnya, surat suara dimasukan ke kotak suara. Sebelum meninggalkan lokasi pemungutan suara, KPPS 7 memberikan tanda bahwa yang bersangkutan telah mencoblos dengan mencelupkan jari pada tinta di tangan pemilih agar tidak ada yang memilih lebih dari satu kali.

Pemilos MAN 1 Sleman, Media Pengenalan Demokrasi

Kepala MAN 1 Sleman, Abdul Ghofur mengatakan pemilihan Ketua OSIS layaknya Pemilu merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilu bagi para siswa. “Kegiatan pemilihan ketua OSIS diawali penjaringan calon, seleksi, debat kandidat, pemaparan visi misi dan proses pemilihan,”  kata Ghofur saat hadir untuk mencoblos.

Sementara itu, Ernawati, waka kesiswaan mengapresiasi dan berharap pelaksanaan pemilihan ketua OSIS hari ini bisa mendidik anak menjadi semakin dewasa. “Inilah demokrasi, mudah-mudahan adanya pemilihan seperti ini memberikan pemahaman kepada mereka,” pungkas Erna yang juga guru Ekonomi. (smn)

Kontributor : MAN1SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 229

Bagikan